GM PLN Distribusi Bali menyerahkan bantuan ke Wakil Bupati Karangasem disaksikan Menteri ESDM. (BP/may)
DENPASAR, BALIPOST.com – Meningkatnya aktivitas Gunung Agung Karangasem yang sudah berstatus awas sejak Jumat (23/9) turut menjadi perhatian bagi PLN. Sebagai perusahaan penyedia tenaga listrik, sejumlah antisipasi telah dilakukan oleh PLN guna menghadapi bencana Gunung Agung.

Saat ini seluruh supply listrik di kawasan Karangasem dipasok melalui Gardu Induk Amplapura yang masuk pada kawasan rawan bencana Gunung Api Agung. “Potensi gangguan telah diketahui, apabila suatu waktu terjadi letusan atau erupsi, listrik akan dipadamkan,” ungkap General Manager PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa, Selasa (26/9).

Berdasarkan pemetaan yang sudah dilakukan, diperkirakan terdapat 48.223 pelanggan yang akan terdampak pada pemadaman listrik itu. Lama waktu pemadaman dikatakan tergantung dari situasi di lapangan. Namun pihaknya telah menyiapkan prosedur pengamanan pasokan listrik dan aset kelistrikan PLN melalui koordinasi antar unit PLN, untuk memastikan keamanannya.

Tidak hanya melakukan kesiapan prosedur dalam pengamanan listrik saat bencana alam, PLN juga telah menyiapkan pasokan listrik di lokasi pengungsian warga. Total 13 unit genset telah disiagakan di kawasan Abang, Manggis, Sidemen, Klungkung, Rendang dan Tejakula. “Petugas juga sudah kami siagakan untuk menjaga pasokan listrik dan membantuk kebutuhan masyarakat di posko,” kata Astawa.

Baca juga:  Gelar Ratas di Sanur, Presiden Bicarakan Dampak Erupsi Gunung Agung pada Pariwisata

Jumlah personil teknik dan pegawai yang disiapkan oleh PLN sejumlah lebih dari 50 personil teknik dan tim penanggulangan bencana. Sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap bencana Gunung Agung telah diberikan bantuan bagi warga melalui PLN Peduli senilai Rp 30 juta.

Bertepatan dengan kunjungan Menteri ESDM, Ignasius Jonan ke lokasi pengungsian. Tidak hanya PLN, Indonesia Power selaku anak perusahaan PLN turut memberikan bantuan senilai Rp 20 juta berup kebutuhan logistik masyarakat yang mengungsi.

Terkait kebutuhan kelistrikan di sekitar lokasi pelanggan tidak hanya dapat menghubungu PLN melalui contact center PLN 123, namun juga dapat menghubungi kantor PLN Rayon Klungkung di nomor (0366) 25499/25599, PLN Rayon Tejakula di nomor (0362) 3436356, PLN Rayon Karangasem atau petugas PLN Gardu Induk Amlapura, Irwanto di nomor 081339571522 atau Ardani di nomor 085238670557. “Petugas kami terus siaga di seluruh posko untuk membantu masyarakat, ” tutup Astawa.(citta maya/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.