Pelaksanaan safety riding Honda. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagai bentuk edukasi kepada anggota komunitas, Astra Motor Bali kembali memberikan pelatihan keselamatan berkendara khususnya kepada Komunitas Honda CBR250RR Bali. Pelaksanaan edukasi kali ini merupakan tahap kedua setelah sebelumnya pada Juni telah dilakukan penyebaran informasi melalui training edukasi safety riding.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 20 bikers yang tergabung dalam komunitas Honda CBR250RR Bali dilaksanakan pada Rabu (20/9), mengambil lokasi di Gudang Megati Tabanan. Edukasi yang diberikan berupa teknik riding yang aman di jalan raya dalam teknik tersebut diajarkan kepada pengendara wajib menganalisa tiap kondisi jalanan saat berkendara dijalan macet, tikungan dan perempatan, dengan menganalisa terlebih dahulu kita bisa memprediksi bahaya dan cepat mengambil keputusan yang tepat.

Baca juga:  Selama 2 Hari, Astra Motor Gelar "ADV Goes To You"

Setelah teori edukasi, selanjutnya dilakukan praktek cara pengereman dan cara menikung yang baik. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat peserta lebih memahami cara pengereman yang baik, pengereman dilakukan menggunakan kedua rem secara bersamaan dengan porsi rem depan lebih kuat 60% dan rem belakang 40%.

Sebelum dilakukan praktek, dianjurkan dilakukan pemanasan kepada peserta agar tidak terjadi keseleo atau kram pada saat dilakukan praktek. Selain itu agar para peserta lebih luwes dan percaya diri dalam melakukan praktek.

Baca juga:  Pelaku Perjalanan Mau Tes Swab? Ini Tarifnya

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti praktek. Terlihat dari antusiasnya mempraktekkan cara pengereman dan cara berbelok yang dilakukannya berulang-ulang. “Harapan kami tidak hanya mengajarkan tentang cara berkendara yang baik dan benar, namun juga merubah mindset para pengendara Honda dan pengendara lainnya bahwa berkendara yang aman itu sangat menyenangkan, dengan kegiatan ini harapannya peserta juga ikut mengkampanyekan #Cari_Aman saat naik motor kepada masyarakat,” ungkap Ngurah Iswahyudi Safety Riding Promotion & Community Astra Motor Bali.

Baca juga:  Manjakan Konsumen Wanita, Astra Cokroaminoto Gelar "Ladies Day"

Di akhir kegiatan ditutup dengan games menarik dengan hadiah helm dan juga pengumuman kompetisi peserta terbaik yang penilainya dari test praktek. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *