Rekrutmen TKI yang bekerja di luar negeri digelar di UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerajaan Kabupaten Gianyar. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Majunya pariwisata di Kabupaten Gianyar, ternyata tidak serta merta membuat masyarakat Gianyar betah di Gumi Seni ini. Terbukti minat untuk bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih tinggi.

Bahkan berdasarkan rangkuman data laporan penempatan TKI di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar 2016, tarcatat 601 TKI. Dilihat dari jenis kelamin, TKI asal Gianyar laki-laki mencapai 353 orang dan perempuan 248 orang. Menurut asal Kecamatan di Kabupaten Gianyar sebagai TKI yakni paling banyak Kecamatan Ubud mencapai 220 orang, disusul Kecamatan Payangan mencapai 108 orang, Gianyar 91 orang, Blahbatuh 58 orang, Sukawati 56 orang, Tegallalang 36 orang dan Kecamatan Tampaksiring mencapai 32 orang.

Kepala UPT Layanan Terpadu Satu Pintu Ketenagakerjaan Kabupaten Gianyar, A.A. Eka Dharma Kusumawati, SH, mengakui tingginya peminat warga Gianyar untuk bekerja di luar negeri. Para pekerja dari Gianyar ke luar negeri ini sudah dilengkapi dengan kemampuan masing-masing. “Jumlah TKI kita memang cukup tinggi,” ucapnya sizin Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, A.A. Dalem Jagatdhita.

Baca juga:  Simbolis Jenazah TKI Yang Meninggal di Negeria Diupacarai

Sementara negara tujuan para TKI asal Gianyar itu mencapai 33 negara. Negara tujuan yang paling diminati para TKI yakni Italia mencapai 265 orang, Turki mencapai 172 orang, Amerika Serikat 17 orang, Maldives mencapai 16 orang, India mencapai 12 orang, Denmark dan Dubai 11 orang, Rusia mencapai 10 orang, Cyprus sebanyak 9 orang dan Malaysia 7 orang serta sejumlah negara tujuan lainnya.

Kusumawati menambahkan untuk membantu masyarakat pencari kerja atau lowongan kerja Dinas Tenaga Kerja Gianyar membantu dengan berbagai terobosan diantaranya membantu dan bekerja sama dengan pengusaha atau penyedia lowongan pekerjaan. “Terhadap lowongan pekerjaan itu Disnaker Gianyar menyampaikan kepada pencari kerja melalui Online dan Facebook yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar,” jelasnya. (Manik Astajaya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.