Tim DVI Polda Bali diberikan pelatihan standar Interpol. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Bali dilatih dengan standar Interpol, Kamis (24/8) di ruang rapat Direktorat Lantas Polda Bali, Denpasar Timur. Hal ini dilakukan karena Bali tujuan wisatawan dunia dan sering digelar even internasional.

Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana, dalam sambutannya mengatakan kondisi sebagian korban dari suatu kejadian yang relatif sulit dikenali sehingga harus dilakukan identifikasi dengan proses DVI. Hasil DVI itu dapat memastikan identitas korban, kematian seseorang secara resmi dan yuridis untuk kepentingan klaim dalam hukum perdata atau pidana, klaim asuransi dan sebagai awal dari proses penyidikan.

“Setiap fase dalam DVI mengacu pada standar Interpol. Mulai dari fase olah TKP, post mortem, antemortem hingga fase rekonsiliasi. Semua tahapan atau fase tersebut saling berkaitan sehingga proses identifikasi korban dapat terlaksana dengan baik,” ucap Wakapolda.

Selain itu, mantan Kapolresta Denpasar ini menjelaskan, dalam proses identifikasi korban massal diperlukan kerja sama tim yang solid dan prosedur kerja ilmiah yang didukung fasilitas kerja untuk memastikan prosesnya benar dan hasilnya valid serta reliable (dapat diandalkan). Oleh karena itu diperlukan tenaga-tenaga yang profesional dan terampil dalam proses identifikasi.

Baca juga:  Polda "Dibanjiri" Karangan Bunga

Kabid Dokkes Polda Bali Kombes Pol. Dr. Agung Widjayanto, mengatakan pelatihan DVI diikuti 50 peserta terdiri dari Inafis Dit. Reskrimum Polda Bali, Satuan Brimob, Direktorat Sabhara, Lab. Forensik, Kedokteran Forensik RSUP Sanglah dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Tidak hanya itu, BPBD, Pramuka Peduli Bencana, unsur kesehatan TNI, Basarnas dan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) juga turut dilibatkan.

Pelatihan kali ini, panitia mendatangkan instruktur atau narasumber dari Pusdokkes Polri. Materi yang diberikan yaitu DVI Overview-DVI Organization, Command and Control, DVI Process, The Scene, The Post Mortem, Antemortem Overview dan Reconciliation. Usai mendapatkan materi di hari pertama, dilanjutkan dengan latihan simulasi di Pantai Padanggalak, Denpasar Timur. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.