Gudeg. (BP/ist)
YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Gudeg dan Yogya tidak bisa dipisahkan. Makanan khas dari buah nangka ini merupakan salah satu ikon wisata kuliner Yogyakarta. Wisata ke Yogya belum lengkap jika belum menyantap gudeg.

Bahkan Menpar Arief Yahya menyebut kuliner adalah produk budaya, yang menjadi alasan 60% wisman datang ke tanah air. “Kuliner dan fashion itu 45% dari 60% wisman yang berkunjung karena faktor budaya itu,” kata Arief Yahya.

Jadi menghidupkan kuliner, seperti Gudeg Jogja itu sama dengan melestarikan budaya lokal. “Semakin dilestarikan, budaya itu akan semakin mensejahterakan,” ucap Menpar Arief.

Baca juga:  Diperkuat, Jaringan Data Sambut Ramadan dan Lebaran di Rumah

Nah, bagi Travelista yang ingin menikmati Gudeg bersama-sama, silakan datang ke Yogya pada Minggu, 13 Agustus 2017. Pada hari itu, mulai pukul 06.00 WIB akan disediakan gudeg gratis di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Jumlahnya lumayan fantastik: 4.000 porsi.

Jumlah sebanyak ini sebagai upaya pemecahan Rekor MURI. Jadi, momen ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi Travelista. Bisa makan gudeg gratis sekaligus berperan menjadi bagian pemecahan rekor. Asyik kan?

Baca juga:  Bali dan Satu Wilayah Ini Belum Juga Turun Kasusnya, Pusat akan Segera Intervensi

Kegiatan asyik ini merupakan bagian dari Pesta Rakyat Istimewa yang digelar oleh Bank BNI. Pemilihan Gudeg dalam pemecahan rekor MURI sebagai upaya BUMN ini ikut melestarikan khasanah budaya dan kuliner Yogyakarta.

Semakin asyik lagi, selain menikmati pesona gudeg, Travelista bisa ikut jalan sehat, senam Zumba atau berbelanja produk-produk UMKM yang sedang pameran di Alun-Alun Utara. UMKM Mitra BUMN memang sedang pameran memeringati HUT Kemerdekaan RI.

Masih kurang asyik? Di acara yang digelar Bank BNI dengan tajuk “Pesta Rakyat Istimewa” ini, Travelista bisa pula menikmati hiburan dari penyanyi ibukota. Ya, akan tampil pelantun “Alamat Palsu” Ayu Ting Ting.

Baca juga:  Tahun 2018, Mega Cruise Ship Siap Bersandar di Pelabuhan Benoa-Bali

Di lokasi Pesta Rakyat Istimewa ini juga tersedia Area Bermain Anak. Jadi yang datang bersama keluarga pun tidak perlu khawatir. Yang tua dapat wisata kuliner dan menikmati lantunan suara Ayu Ting Ting, yang anak-anak tetep bisa asyik bermain-main. Apalagi, acara ini juga full doorprize. Bahkan grand prize berupa 4 buah sepeda motor disediakan oleh Bank BNI. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *