polisi
Anggota Satlantas Polres Bangli saat sedang menambal jalan paving berlubang di Penelokan. (BP/ina)
BANGLI, BALIPOST.com – Kerusakan jalan paving di areal wisata Penelokan Kintamani yang tak kunjung diperbaiki pemerintah, memaksa pihak kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Polres Bangli turun tangan. Oleh polisi, jalan paving yang selama ini rusak penuh lubang menganga ditambal dengan semen untuk menghindari adanya pengguna jalan yang terjatuh dan kecelakaan.

Berdasarkan pantauan Rabu (28/6) siang, penambalan jalan berlubang dilakukan langsung sejumlah anggota Satlantas Polres Bangli. Kendati mengenakan seragam, sejumlah anggota tak segan-segan menambal jalan yang berubang dengan semen.

Sementara di sekitar Penelokan tampak sejumlah anggota Satpol PP berjaga. Sayangnya tak satu pun dari mereka yang terlihat ikut membantu polisi menambal jalan. Sementara untuk menghindari adanya pengguna jalan yang melintasi jalan basah yang baru selesai diperbaiki, anggota Satlantas memasangi sejumlah barrier dan papan penanda di sekitar lokasi.

Kasat Lantas Polres Bangli AKP I Gusti Agung Udayani seizin Kapolres Bangli AKBP IGN Agung Ade Anom Panji mengatakan bahwa kegiatan penambalan jalan dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk mencegah sekaligus menekan terjadinya kecelakaan yang disebabkan karena factor jalan rusak. “Dari data selama ini, salah satu factor penyebab kecelakaan adalah karena factor stuktur jalan yang rusak dan berlubang, selain factor manusia dan kelayakan kendaraan itu sendiri,” ujarnya.

Baca juga:  Pamer Senjata di Medsos, Pria Ini Berurusan Dengan Polisi

Lebih lanjut dikatakan Udayani bahwa kegiatan penambalan jalan ini merupakan salah satu upaya Polres Bangli dalam menindaklanjuti keluhan masyarakat tentang kondisi jalan rusak. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menggugah instansi pemerintahan agar berperan aktif dalam rangka menciptakan keamanan keselamatan dan ketertiban lalu lintas yang bebas dari kecelakaan (zero accident).

Sementara itu, Kanit Regident Ipda I Wayan Nariana menambahkan bahwa kerusakan jalan paving di Penelokan selama ini kerap mengganggu kenyamanan pengendara. Tak sedikit pengendara yang terpaksa mengambil jalur berlawan untuk menghindari jalan berlubang. Kondisi itu diakuinya cukup berbahaya, karena memicu terjadinya kecelakaan. “Karena itulah, atas perintah bapak Kapolres kami melakukan penambalan jalan dari Selasa kemarin. Dari sepanjang jalan paving yang ada, yang paling parah kami perbaiki ada di depan restoran lake view,” terangnya.

Untuk memperbaiki kerusakan jalan paving tersebut, Ipda Nariana mengatakan bahwa pihaknya menggunakan dana dari hasil kerjasama dengan beberapa dealer sepeda motor yang ada di Bangli. “Dengan ini kami menghimbau kepada instansi terkait agar segera menangani kerusakan jalan di Penelokan. Terlebih jalan itu berada di objek wisata yang banyak dilalui wisatawan,” ujarnya. (dayu rina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.