Wisatawan saat tiba di Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida dan dijaga ketat petugas kepolisian. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Melonjaknya kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata Pulau Nusa Penida, Klungkung, menjadi atensi khusus bagi jajaran Polres Klungkung. Pihak kepolisian wajib menciptakan rasa aman dan nyaman saat berwisata di tengah padatnya kunjungan wisatawan. Sehingga Polres Klungkung dalam Operasi Ketupat Agung 2024 ini, mendirikan 2 Pos yaitu Pos Terpadu di Pelabuhan Banjar Nyuh dan Pos Pengamanan di Klingking Beach.

Kapolres Klungkung AKBP Umar, Minggu (14/4), mengatakan, selama liburan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sejumlah objek wisata di Wilayah Kabupaten Klungkung tepatnya wilayah Kepulauan Nusa Penida ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka yang ke Nusa Penida ingin menghabiskan masa liburan lebaran untuk bersantai dengan keluarga serta menikmati keindahan alam Pulau Nusa Penida pada sejumlah destinasi.

Baca juga:  Presiden Sebut 8 Bandara Ini Berpotensi Jadi "Hub" dan "Super Hub"

Maka, kapolres menegaskan pihaknya telah menerjunkan personil siaga Operasi Ketupat Agung 2024 yang selalu on call untuk melaksanakan kegiatan pengamanan. Selain itu, juga melaksanakan patroli di wilayah obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. “Sasaran kami fokuskan di pelabuhan serta di daerah destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh warga masyarakat yang ingin berlibur,” kata kapolres didampingi Kabag Ops Kompol I Ketut Suastika.

Baca juga:  Ikuti Jejak Prof Antara, Putra Sastra Juga Divonis Bebas

Pelabuhan Banjar Nyuh menjadi atensi khusus, karena selama ini menjadi tempat menyandarnya fast boat yang dari Pelabuhan Sanur Denpasar. Pelabuhan ini kerap krodit saat memasuki masa liburan, karena ramainya arus kendaraan keluar masuk pelabuhan untuk mengantar wisatawan menuju destinasi tujuannya berwisata. “Pada setiap objek wisata, kami juga ploting pengamanan dari satuan Polsek Nusa Penida untuk atinsipasi lonjakan para wisatawan,” imbuh kapolres.

Baca juga:  30 Persen Warga Tumbu Diduga Terkena Chikungunya

Personil juga diploting di jalan-jalan, sehingga nantinya dapat menciptakan kamseltibcarlantas yang aman dan lancar, guna mencegah tidak terjadinya kecelakaan maupun kemacetan yang kerap terjadi saat kunjungan wisatawan membludak. Sebab, rata-rata akses jalan di Nusa Penida sempit dan mayoritas sudah dalam keadaan rusak. Pengamanan dari Polres Klungkung bersinergi dengan instansi terkait dari TNI, Basarnas, terutama untuk memberikan reaksi cepat, ketika terjadi peristiwa penting yang harus ditangani segera di Nusa Penida. (Bagiarta/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *