Petugas melakukan perekaman E-KTP di Klungkung dengan sistem jemput bola. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Belasan ribu warga Klungkung belum melakukan perekaman pembuatan e-KTP. Padahal sebentar lagi Klungkung akan melaksanakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Klungkung.

Tanpa melakukan rekam E-KTP ini, masyarakat yang punya hak pilih dipastikan tidak dapat menggunakan hak suaranya di dua hajatan tersebut. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Klungkung, I Komang Darma Suyasa mengungkapkan sebanyak 19.329 orang belum melakukan perekaman.

Hingga saat ini perekaman baru dilakukan sebanyak 142.661 orang. “Untuk yang telah terbit baru 123.332 orang,” ungkapnya.

Ia menilai minimnya masyarakat yang tertib administrasi kependudukan membuat target penuntasan perekaman e-KTP baru bisa dilaksanakan di 2018. “Sekitar akhir 2018 baru bisa selesai,” ujarnya.

Baca juga:  Bangli Ajukan 10.000 Tambahan Blangko E-KTP ke Pusat

Untuk dapat merealisasikan target itu pun, pihaknya mengaku harus melakukan perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola. Mulai dari menyambangi sekolah-sekolah, penyandang disabilitas, dan warga sakit. “Kami juga melakukan sistem jemput bola hingga ke Nusa Penida mempergunakan mobil pelayanan keliling,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, jumlah alokasi blangko yang dikirimkan mencapai 6 ribu keping telah habis pada 13 April 2017 lalu. Selanjutnya telah ditambah sebanyak 2 ribu keping lagi pada 18 Mei 2017 lalu. “Sampai saat ini masih tersisa seribu keping lagi,” terangnya. (Dewa Farendra/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.