Wabup Made Kasta saat memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila. (BP/ist)
SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Klungkung menggelar upacara bendera memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2017. Bertempat di Lapangan Puputan Klungkung apel ini dipimpin oleh Wakil Bupati Klungkung Made Kasta serta dihadiri pula oleh Ida Dalem Semaraputra, unsur Muspida, KPD, veteran, Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polisi serta ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Meski sempat hujan gerimis dan kondisi lapangan becek, namun jalannya upacara tetap berlangsung hikmat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar untuk pertama kalinya dan serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peringatan ini di cetuskan oleh Preside RI ke- 7 Joko Widodo sebagai upaya meneguhkan komitmen seluruh warga negara Indonesia supaya lebih mendalami menghayati dan mengamalkan pancasila.

Baca juga:  Pemkab Klungkung Tunda Festival Nusa Penida

Pancasila sebagai hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Presiden Ir. Soekarno, Piagam Jakarta 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila pada 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar dari para Founding Fathers, para ulama, pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan seluruh warga Negara Indonesia yang beragam dari Sabang sampai Merauke.

Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan Wabup Made Kasta mengajak segenap warga Negara Indonesia untuk bersama sama saling menjaga perdamaian, jaga persatuan dan persaudaraan, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. (adv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.