fasilitas
Salah satu dermaga kayu yang berada di kawasan TNBB. (BP/olo)
NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah fasilitas di pos-pos pengawasan di dalam areal Taman Nasional Bali Barat (TNBB) saat ini sudah mulai usang. Padahal hal tersebut diperlukan untuk menunjang fungsi pengawasan konservasi dan wisata alam. Seperti yang terlihat di Pos I Pulau Menjangan akhir pekan lalu. Sejumlah bangunan termasuk deretan buis senderan untuk menghalau arus sudah mulai amblas.

Begitu pula beberapa bale bengong dan dermaga kayu sudah mulai keropos. Areal kawasan TNBB yang berada di dua Kabupaten yakni Buleleng dan Jembrana ini terbagi menjadi tiga seksi ini memiliki daya tarik yang khas. Selain menjadi kawasan pelestarian alam dengan ekosistem asli dan merupakan habitat terakhir bagi burung Curik Bali, kawasan TNBB juga memiliki potensi yang lain. Seperti lokasi kegiatan dengan tujuan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Baca juga:  Diluncurkan, Buku Panduan Wisata ke Bali untuk Wisatawan Tiongkok

Sebelumnya juga secara bertahap dilakukan perbaikan. “Ini menjadi konsen kita (TNBB), tahun ini ada perbaikan secara bertahap,” ujar Plt Kepala Balai TNBB, Suharyono dikonfirmasi.

Menurutnya kawasan TNBB ini memiliki potensi yang banyak termasuk salah satunya destinasi wisata minat khusus. Sehingga menurutnya kawasan pos ini juga harus dijaga kondisinya agar memberikan kesan yang baik bagi wisatawan.

Sebelumnya juga telah dilakukan perbaikan pada dermaga perahu. Tahun ini di kawasan Pos I di Pulau Menjangan diperbaiki seperti untuk penghalang abrasi yang diantaranya sudah amblas. Pihaknya berharap agar kunjungan wisata minat khusus ini terutama di TNBB meningkat (surya dharma/balipost)

 

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.