Ilustrasi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Memiliki kulit berminyak mungkin sedikit merepotkan. Anda perlu memilih perawatan wajah yang benar-benar tepat. Pasalnya, produksi minyak berlebih dapat memudahkan timbulnya jerawat.

Selain memilah produk perawatan, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan: konsumsi makanan sehari-hari. Ya, ternyata beberapa makanan dapat membuat kulit makin berminyak. Berikut makanan yang bisa menimbulkan kulit berminyak, dikutip dari klikdokter.com:

1. Gorengan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Dermato-Endocrinology, konsumsi asam lemak omega-6 (seperti yang terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko peradangan dan jerawat.

Karena itu, jika tak ingin jerawat menghiasi wajah, hindarilah makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan (deep fried).

2. Susu dan produk olahannya

Studi yang diterbitkan oleh American Academy of Dermatology menyatakan, susu dan produk olahannya mengandung kadar hormon yang tinggi sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat.

Jika kulit Anda tergolong sensitif dengan produk olahan susu, sebaiknya ganti susu sapi dengan susu almon atau susu kedelai.

Baca juga:  Memasuki Bulan Suci Ramadhan, Pemkot Gandeng BPOM Pantau Takjil

3. Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat –seperti roti putih, nasi putih, dsb– memiliki indeks glikemik yang juga tinggi. Jika dikonsumsi maka dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat, kemudian menurunkannya dengan cepat pula.

Studi dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan produksi minyak di kulit Anda.

4. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula tak hanya memicu kegemukan, tapi juga kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Selain itu, gula dapat meningkatkan kadar insulin dengan cepat dan menyebabkan peradangan di tubuh (termasuk kulit berupa jerawat).

Kulit yang berminyak bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya dari pola makan. Oleh karena itu, jika tak ingin wajah berminyak, konsumsilah makanan yang tinggi vitamin dan antioksidan. (Goes Arya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.