Keping E-KTP
Ilustrasi. (BP/dok)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Dinas Kependuukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng pada Senin (17/4) ini mulai mencetak KTP Elektronik (E-KTP). Pencetakan E-KTP ini setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendistribusikan 10 ribu jatah keping E-KTP.

Hanya saja karena jatah keping E-KTP terbatas, dicetak memprioritaskan data kependudukan yang sudah tunggal dengan data kependudkan di Kemendagri. Selain itu Kemendagri menyatakan data-nya berstatus Print Ready Record (PRR).

Kepala Disdukcapil Putu Ayu Reika Nurhaeni mengatakan informasi pencetakan E-KTP telah disebarkan melalui surat No. 470/365/DKC/2017 perihal mekanisme pencetakan kepada para camat di Buleleng. “Sesuai dengan aplikasi Berad Versi 5 KTP Elektronik yang kita cetak adalah penduduk yang sudah melakukan perekaman namun belum KTP Elektroniknya belum pernah dicetak. Nanti, penduduk yang memohon cukup menunjukkan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP elektronik,” katanya.

Baca juga:  Jelang Perayaan Nyepi, Pelabuhan Tribhuana Dipadati Warga

Menurut Reika, jika ada penduduk yang memohon pencetakan karena E-KTP sebelumnya hilang atau merubah elemen data, tidak bisa dilayani dengan memanfaatkan jatah keping yang diberikan Kemendagri. “Pencetakan KTP Elektronik karena hilang atau merubah elemen data dapat dilakukan dengan syarat penduduk bersangkutan melapor ke Disdukcpail untuk diterbitkan suket pengganti KTP Elektronik. Kami minta kecamatan dan meneruskan kepada desa dan kelurahan agar mekenisme pelayanan ini dipahami, sehingga tidak memunculkan permasalahan di lapangan,” jelasnya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.