Puncak Karya Ngusaba
Umat ngayah di Pura Ulun Danu Batur serangkaian puncak karya Ngusaba Kedasa. (BP/dok)
BANGLI, BALIPOST.com – Puncak Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Desa Pekraman Batur Kintamani dijadwalkan berlangsung pada Purnamaning Kedasa Selasa (10/4). Dalam puncak karya hari ini akan dilaksanakan prosesi Pepada Agung yang akan digelar di jaba sisi pura setempat.

Panitia Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur Jero Wijaya mengatakan sebagaimana yang telah dijadwalkan prosesi mapepada agung hari ini akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 wita. Sejam sebelumnya sudah dilakukan persiapan-persiapan. Prosesi mapepada agung akan dilaksanakan di jaba tengah dan jaba sisi pura.

Sementara itu, Kapolres Bangli AKBP Danang Beny K saat dikonfirmasi terkait strategi pengaturan arus lalu lintas selama karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur berlangsung mengatakan, pihaknya telah memberlakukan pengalihan arus untuk mencegah terjadinya kemacetan panjang. Jalur saat ini dibuat satu arah.

Baca juga:  WHDI Bali Ngaturang Ngayah di Pura Ulun Danu Batur
Menurut Kapolres strategi itu terbukti efektif sebagaimana yang telah diberlakukan pada pelaksanaan karya ngusaba tahun sebelumnya. “Mulai tahun kemarin kita sudah laksanakan hal tersebut. Diakui oleh jero Gede Batur, selama beliau jadi pemangku baru tahun kemarin lalu lintas lancar. Kalaupun arus lalu lintas lambat ya itu memang tidak bisa dihindarkan karena memang kondisi jalan dan kendaraan yang datang lebih banyak dan tidak seimbang,” ujarnya.

Disinggung mengenai titik-titik yang berpotensi krodit, AKBP Danang menyebutkan titik-titik tersebut ada di sepanjang jalan utama arah Pura Batur. Mulai dari arah buleleng dan Penelokan hingga Pura Batur. Sementara itu Kabag Ops Polres Bangli Kompol Anom Semadi saat dikonfirmasi terpisah menambahkan untuk pengamanan pelaksanaan puncak karya hari ini Polres Bangli telah membuat 17 pos. Sementara jumlah personil yang diturunkan sebanyak 181 orang. (Dayu Swasrina/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.