Upacara Bhumi Sudha digelar di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Selasa (12/12). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Upacara Bhumi Sudha digelar di Pura Ulun Danu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Selasa (12/12). Upacara Bhumi Sudha merupakan ritual yang rutin digelar setiap satu tahun sekali, guna memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar bumi beserta isinya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pamucuk Pura Ulun Danu Batur Jro Gede Batur Duhuran mengatakan upacara Bhumi Sudha di Pura Ulun Danu Batur diselenggarakan Pemerintah Provinsi Bali. Ritual ini diikuti Krama desa adat Batur.

Baca juga:  WHDI Bali Ngaturang Ngayah di Pura Ulun Danu Batur

Upacara Bhumi Sudha rutin dilaksanakan di Pura Ulun Danu Batur setiap rahinan Tilem Sasih Kanem. Tujuannya untuk memohon keselamatan alam beserta isinya pada peralihan sasih Kanem. Sebagaimana yang diketahui Sasih Kanem diyakini sebagai sasih terjadinya banyak bencana alam dan penyakit karena peralihan musim dari kemarau ke hujan. “Melalui upacara ini kita nunasicayang jagat dan seisinya agar dijauhkan dari marabahaya, bencana alam, maupun penyakit,” kata Jero Gede Batur.

Baca juga:  Dudonan Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur

Selain di Pura Ulun Danu Batur, kata Jero Gede Batur Duhuran, ritual Bhumi Sudha juga dilaksanakan di Pura Pengubengan Besakih dan Pura Segara Watu Klotok. Jero Gede Batur mengajak seluruh umat Hindu di Bali ngrastiti bakti memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN