Umat bersembahyang di Pura Silayukti menerapkan prokes. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Puncak pujawali di Pura Dang Kahyangan Jagad Silayukti Padangbai, Kecamatan Manggis, telah berlangsung pada Buda Kliwon Pahang, Rabu (19/5). Selama pujawali yang berlangsung 3 hari, pihak panita telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Berdasarkan pantauan saat puncak Pujawali, para pemedek yang tangkil untuk melakukan persembahyangan lumayan banyak. Mereka tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker.

Untuk mencegah penyebaran virus, pihak panitia selama pujawali juga menerapkan prokes secara ketat. Agar tidak terjadi kerumunan, para pemedek yang tangkil diberikan kartu warna putih dan biru.

Baca juga:  Satu Pasien Diduga Corona dalam Perjalanan ke RSD Mangusada

Pemedek hendak masuk ke areal pura dilakukan secara bergilir. Bagi yang belum menerima kartu mereka diminta untuk menunggu setelah umat selesai melakukan persembahyangan.

Setelah itu, pemedek baru diberikan kartu oleh pecalang setempat. Selain itu juga, pihak panitia membuat tanda silang di dalam pura yang jaraknya satu dengan yang lainnya sekitar satu meter agar tidak berdekatan alias jaga jarak.

Bendesa Adat Padangbai, I Komang Nuriada, mengatakan, sarana prokes juga telah disiapkan. Mulai dari tempat cuci tangan hingga hand sanitizer bagi para pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan “Pemedek telah disiplin menerapkan prokes. Selama pujawali panitia juga menerapkan prokes. Ini untuk mencegah penyebaran COVID-19,” ucapnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Diduga Depresi, Jro Mangku Nekat Terjun ke Laut
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *