Salah satu ogoh-ogoh yang akan mengikuti parade ogoh-ogoh di Desa Tiga dalam proses perampungan. (BP/nan)
BANGLI, BALIPOST.com – Desa Tiga, Susut, Bangli bakal menggelar parade ogoh-ogoh yang dipusatkan di Pasar Kayuambua, Minggu (26/3). Ada sembilan banjar yang akan ikut serta dalam parade yang dilakukan untuk menyambut Nyepi, Tahun Baru Saka 1939.

Perbekel Desa Tiga, Putu Merta Utama, Minggu (19/3) mengatakan sembilan banjar yang mengikuti parade ogoh-ogoh yakni Banjar Tiga, Buungan, Pengelumbaran Kangin, Linjong, Temaga, Kayuambua, Pukuh, Malet Tengah, dan Malet Kutamesir. “Parade akan dimulai pukul 13.00 Wita di Pasar Kayuambua. Masing-masing banjar akan mengarak satu ogoh-ogoh. Dan untuk temanya kita serahkan ke masing-masing banjar. Intinya ogoh-ogoh yang diparadekan bertema bhuta kala,” ungkap Putu Utama.

Baca juga:  Ogoh-ogoh Diharap Tak Gunakan Styrofoam
Utama mengatakan, pihaknya tidak melombakan ogog-ogoh lantaran takut usai pelaksanaan lomba bakal terjadi keributan antarbanjar. Kata dia, parade akan dilaksanakan sehari sebelum pengerupukan agar tidak menggangu pelaksanaan pengerupukan itu sendiri.

Dikatakannya, untuk mendukung setiap banjar dalam pembuatan ogoh-ogoh, desa memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta rupiah. “Selain bantuan yang kita berikan untuk pembuatan ogoh-ogoh, mereka juga menggalang dana di warga untuk pembuatan ogoh-ogoh tersebut. Jadi kita harap bantaun yang diberikan bisa mengurangi beban mereka,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.