Ilustrasi. (BP/ist)
DENPASAR, BALIPOST.com – Diet seimbang bukan hanya menjaga porsi karbohidrat, kalori, dan lemak saja. Melainkan asupan vitamin harian juga penting untuk diperhatikan. Khususnya bagi wanita.

Secara fisiologis wanita mengalami menstruasi setiap bulan sehingga membutuhkan nutrisi seperti vitamin untuk metabolisme tubuh yang lebih baik. Belum lagi semasa hidupnya wanita akan mengalami kehamilan dan menyusui yang membutuhkan asupan nutrisi lebih tinggi.

The Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine menganjurkan agar wanita usia 19 hingga 50 memenuhi kebutuhan vitamin seperti berikut :

1. Vitamin A
Kegunaan dari vitamin ini mendukung sistem kekebalan tubuh, pengelihatan, reproduksi, dan sel-sel organ tubuh. Direkomendasikan untuk wanita mengambil vitamin A dari wortel, ubi jalar, hati sapi, mangga, melon, labu, dan paprika.

Bagi wanita hamil membutuhkan asupan vitamin A sebanyak 770 mikrogram dan wanita menyusui 1.300 mikrogram.

2. Vitamin B
Memenuhi asupan vitamin ini setiap harinya bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan perkembangan metabolisme dan energi. Wanita usia 19 harus mengambil setidaknya 1,1 miligram dan wanita di atas usia 50 1,5 miligram vitamin B setiap hari.

Baca juga:  Konsumsi Sabu di Mobil, Pengedar Diringkus

3. Vitamin D
Vitamin D bekerja dalam membantu penyerapan kalsium yang baik untuk tulang. Belum lagi bagi wanita hamil dan menyusui yang sangat membutuhkan asupan vitamin D untuk mengurangi peradangan pada tubuh yang berakibat fatal bagi janin.

Bagi wanita usia 19 hingga 69 asupan vitamin D setidaknya 15 mikrogram per hari dan wanita usia 70 ke atas 20 mikrogram. Anda bisa memperoleh dari salmon, tuna, susu, jeruk, dan telur.

4. Vitamin E
Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh yang berperan dalam proses metabolisme. Wanita di atas usia 14 dan wanita hamil harus mendapatkan aspan vitamin E sebesar 15 miligram yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati

5. Vitamin K
Vitamin ini turut mendukung pembentukan tulang dan produksi protein yang ditemukan dalam darah. Setidaknya setiap wanita mendapatkan 90 mikrogram vitamin K dari sayuran berdaun hijau, kubis dan margarin. (Goes Arya/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.