Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dua hari jelang pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024, Sabtu (15/6) sore, baru satu menteri yang mengonfirmasi kehadirannya. PKB XLVi yang akan berlangsung hingga 13 Juli 2024 ini direncanakan akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Presiden terpilih Prabowo Subianto juga diundang. Sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju pun masuk dalam daftar undangan.

Kendati demikian, menjelang H-2 pembukaan PKB XLVI, Kamis (13/6), baru 1 menteri yang mengonfirmasi kehadiran dalam pembukaan PKB XLVI di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon itu. Menteri tersebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menjabat sebagai Menteri ATR/BPN.

Baca juga:  PKB XLV Ditutup, 10 Seniman Diberikan Adi Sewaka Nugraha

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha, mengonfirmasi AHY akan hadir di PKB. Meskipun sudah ada kabar tentang kedatangan AHY, Arya menyatakan bahwa belum ada kepastian mengenai daftar menteri lain di acara pembukaan PKB. “Saya belum ngecek karena data ada di Biro Umum dan Protokol juga ada, di Sekda juga ada beberapa, belum sempat nanya saya,” ujarnya.

Namun, kehadiran Presiden Jokowi untuk membuka PKB XLVI masih belum terkonfirmasi. Pihaknya pun masih menunggu konfirmasi dari pihak istana. “Belum konfirmasi, belum ada arahan, masih menunggu kita. Kan masih 2 hari lagi kan, nggak masalah itu. Masih ada 2 hari,” kata Arya.

Baca juga:  Lantik AHY sebagai Menteri ATR, Ini Alasan Jokowi

Sementara itu, dalam sebuah postingan di akun Instagram resminya pada Rabu (12/6), AHY membagikan informasi tentang kedatangannya di Bali. “Hari ini saya terbang dari Jakarta ke Denpasar untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Diantaranya pelaksanaan Reforma Agraria Summit dan menghadiri acara Pesta Kesenian Bali XLVI. Nantikan berbagai kegiatan saya di lapangan beberapa hari ke depan ini,” tulis AHY dalam postingannya.

Ada 10 materi pokok yang akan disajikan. Mulai dari Peed Aya, Utsawa, Rekasadana, Kriyaloka, Kandarupa, Wimbakara, Widyatula, Adi Sewaka Nugraha, Jantra Tradisi Bali (Deduplak, Magala-gala dan Terompah) hingga Bali World Culture Celebration (diikuti oleh 9 negara). Total garapan seni dan budaya yang ditampilkan sebanyak 532 seni yang melibatkan sebanyak 13.900 seniman. Dan kepesertaan lembaga seni sebagai penyaji, baik sanggar, yayasan dan kelompok seni yang tampil dalam ajang PKB ini sebanyak 285 lembaga. (Ketut Winata/balipost)

Baca juga:  Badung Juara Umum PKB XLVI 2024, Bupati Badung Terima Penghargaan “Wimbakara”
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *