GIANYAR, BALIPOST.com – Krama Desa Adat Samplangan, Kelurahan Samplangan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar gelar karya Agung di Pura Dalem Koripan atau Pura Sekar Pule dan di Pura Beji Taman Suranadi. Puncak Karya Agung ini berlangsung pada Buda Umanis, Rabu 7 Agustus 2024 mendatang.

Namun kegiatan untuk mendukung karya ini sudah dimulai sejak lama yakni matur piuning pada Senin 8 April 2024 lalu dilanjutkan dengan kegiatan nyukat genah dan nanceb taring.

Baca juga:  Desa Muncan Kembangkan Wisata "Pengelukatan"

Bendesa Adat Sampalangan, I Dewa Made Putra didampingi¬† Panitia Karya, I Ketut Suranta menjelaskan karya “Mamungkah, Mupuk Pedagingan, Padudusan Agung, Menawa Ratna, Mapeselang, Mapedanan, Caru Waraspati Kalpa” itu digelar setelah hasil rembug krama pangempon pura.

Karya ini digelar karena sejumlah palinggih di pura ini sudah selesai rampung dibangun dan direnovasi. Selain itu, di Pura Dalem Koripan dan Pura Taman Beji belum pernah digelar karya sebelumnya.

Baca juga:  Vibrasikan Perdamaian dari Bali untuk Indonesia, Gubernur Gelar Doa Bersama

Bendesa Adat Samplangan menambahkan sebagai yajamana karya, Ida Pedanda Griya Gede Tulikup dengan Tapini, Ida Pedanda Istri. Sementara dukun banten Kakyang Mangku Griya Sampyang, Gianyar serta dibantu sejumlah srati banten. Sulinggih yang muput karya Agung ini mencapai 23 orang dan saat puncak karya dipuput 15 orang. (Agung Yuliantara/denpost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN