Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (11/6/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Stok pangan aman menjelang Idul Adha 1445 Hijriah pada 17 Juni 2024. Kepastian itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.

Mentan menyampaikan kepastian iru seusai menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, untuk melaporkan kondisi pangan nasional saat ini, termasuk menjelang Idul Adha 2024. “Itu kami bicarakan tadi pangan, fokus pada pangan tetapi stoknya aman,” ungkap Mentan, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (11/6).

Baca juga:  Piodalan Alit di Pura Penyusuhan Puseh Penegil Dharma

Dalam pertemuannya dengan Presiden, Mentan menjelaskan soal kondisi iklim di Tanah Air yang tidak menentu yang dapat mempengaruhi ketahanan pangan.

“Sekarang posisi iklim El Nino masih berlangsung, mudah-mudahan Juli, Agustus, El Nino sudah selesai. Kemudian El Nino belum berakhir tetapi musim kemarau sudah masuk,” ujar Mentan.

“Beliau tanyakan, bagaimana kemarau? ‘Pak, puncaknya kemarau nanti adalah Agustus, September, Oktober. Kemudian November biasanya sudah ada hujan. Tiga bulan ini adalah sangat kritis,” lanjutnya.

Baca juga:  Idul Adha 2017, Arus Penumpang Ketapang-Gilimanuk Naik 2 Persen

Untuk itu, ia pun mengatakan kepada Presiden bahwa solusi untuk memacu produksi pertanian di kala kondisi yang tidak menentu itu adalah melakukan pompanisasi.

“Kemudian diminta apa solusinya. Solusinya sudah kami lakukan sejak Maret. Solusi cepat untuk menangani kondisi El Nino dan kekeringan ini adalah pompanisasi. Pompanisasi ini kami laporkan, ‘Pak, kami sudah refocusing anggaran untuk membeli pompa’, ungkap Mentan.

Sebelumnya Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi juga memastikan i stok pangan nasional dalam kondisi yang aman dan terkendali menjelang Idul Adha 2024.

Baca juga:  Jelang Porprov Terdapat 3 Pengajuan Mutasi Atlet

“Berdasarkan proyeksi neraca pangan yang menghitung ketersediaan dan kebutuhan pangan, secara umum stok pangan pokok strategis nasional, kami pastikan aman dan cukup, terutama mengantisipasi momentum Idul Adha yang sebentar lagi tiba,” kata Arief dalam keterangan di Jakarta. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *