Suasana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Menyongsong berlangsungnya World Water Forum (WWF) ke-10, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai beroperasi 24 jam penuh.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, mengungkapkan Airport Operation Command Center Bandara Ngurah Rai akan diaktifkan sebagai Posko 10th World Water Forum mulai 17 hingga 27 Mei 2024.

Pihaknya, bersama dengan berbagai instansi terkait akan bersiaga di posko tersebut untuk memastikan operasional bandara pada saat kedatangan dan keberangkatan tamu undangan serta delegasi berjalan dengan lancar.

“Kami juga pastikan seluruh fasilitas keamanan bandara dapat beroperasi dengan baik,” ujar Handy, Jumat (17/5).

Baca juga:  Dari Warga Keluhkan Kebisingan hingga Kelangkaan Elpiji 3 Kilo

Pihaknya telah menyiapkan 46 lokasi parking stand di sisi utara dan 16 parking stand di sisi selatan yang siap digunakan selama kegiatan berlangsung.

Koordinasi intensif dilakukan dengan Polda Bali, BNPT, Polres Kawasan Bandara, Pangkalan TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai, serta Desa Adat sekitar untuk menjamin keamanan di area bandara selama acara berlangsung. Sebagai etalase kebudayaan Pulau Bali, pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menampilkan kebudayaan khas Bali atau Balinese Look and Feel mulai 13 hingga 29 Mei.

Baca juga:  Jelang Relokasi, Pedagang Pasar Badung Lakukan Pengundian Tempat

“Penampilan seni tari di terminal domestik dan internasional, dekorasi ornamen bertema air dengan nuansa tradisional Bali di berbagai area, serta spot-spot foto kami sajikan dalam rangka menyambut 10th World Water Forum,” katanya.

Handy juga mengimbau masyarakat yang akan terbang dari dan ke Pulau Bali agar menyesuaikan jadwal penerbangannya. Tentunya, pihaknya akan menyesuaikan operasional bandara dengan waktu kehadiran dan keberangkatan perwakilan negara serta delegasi yang ikut serta dalam kegiatan 10th World Water Forum.

“Maka dari itu, kami mohon kepada seluruh pengguna jasa yang akan terbang dari dan ke Pulau Bali untuk menyesuaikan jadwal penerbangannya pada waktu-waktu tersebut untuk menghindari kepadatan di sekitar bandara,” jelasnya.

Baca juga:  Besok Mulai Tatanan Era Baru, Bali Masih Catatkan Puluhan Kasus Baru COVID-19

Hingga bulan April 2024, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah melayani 7.123.666 penumpang domestik maupun internasional. Jika dirata-rata, maka dalam sehari Bandara Ngurah Rai melayani 55 – 60 ribu penumpang per hari.

“Dengan padatnya lalu lintas di bandara, kami mohon dukungan kepada seluruh pihak untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan senantiasa memantau perkembangan situasi di bandara demi menyukseskan acara kenegaraan 10th World Water Forum,” sebutnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN