Proses komunikasi lintas partai politik kian intens menjelang Pilkada Klungkung. Sejumlah pimpinan partai saat pertemuan, menyampaikan visinya dalam menghadapi pilkada dan menemukan adanya satu komitmen yang sama. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Proses komunikasi lintas partai politik kian intens menjelang Pilkada Klungkung. Sejumlah pimpinan partai saat pertemuan, menyampaikan visinya dalam menghadapi pilkada dan menemukan adanya satu komitmen yang sama.

Gabungan partai ini bakal membentuk poros baru yang kuat untuk mengusung bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung yang mumpuni, sesuai dengan tantangan yang sedang dihadapi Bumi Serombotan.

Sekretaris Partai Perindo Klungkung I Ketut Margiana, Minggu (12/5), menyampaikan Partai Perindo sejak awal intens melakukan komunikasi lintas partai dengan pimpinan partai lain. Ada satu kesamaan visi bahwa dalam menghadapi Pilkada Klungkung, partai harus cermat melahirkan figur yang dibutuhkan Kabupaten Klungkung.

Tidak sekadar populer, tetapi memiliki komitmen dan kemampuan yang jelas. Selain itu, juga memiliki intelektual dan track record yang bersih. Visi besar itu kemudian menyatukan sejumlah partai politik.

Baca juga:  Hilangnya Kemesraan Keluarga Jokowi Dengan PDIP

Margiana mengatakan selain Perindo, Partai Golkar, PSI hingga Nasdem, juga memiliki kesamaan pandangan dalam menghadapi pilkada ini. Sehingga partai-partai, kata Margiana, telah bersepakat untuk bergabung menbentuk poros baru diluar partai-partai besar yang sudah bisa mengusung bakal calon sendiri, seperti PDIP dan Gerindra. “Kami (pimpinan masing-masing partai) sudah semakin intens melakukan komunikasi dan bersepakat untuk bergabung. Langkah selanjutnya, kami akan segera mengusung Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Klungkung,” terang Margiana.

Gabungan partai ini dikatakan sudah bisa mengusung calon sendiri, dengan total tujuh kursi DPRD Klungkung, sesuai hasil Pileg 2024, masing-masing Perindo satu kursi, Golkar tiga kursi, PSI satu kursi dan Nasdem dua kursi. Meski dengan perolehan kursi demikian, masing-masing pimpinan partai ini, kata Margiana, tak gentar dengan kekuatan partai-partai besar lain, seperti PDIP dan Gerindra. Malah, inisiasi gabungan partai ini menarik partai lainnya untuk turut bergabung. Lantas, dengan poros baru ini, siapa kandidat yang akan diusung?, ditanya demikian Margiana enggan menjelaskan lebih jauh.

Baca juga:  Atribut PDIP Dicabut saat Jokowi Kunker ke Gianyar, Sekda Bali Beri Penjelasan

“Dalam waktu dekat akan segera kami deklarasikan,” kata Margiana.

Ketua DPD II Partai Golkar Klungkung Ni Luh Komang Ari Ayu Ningrum, juga mengungkapkan adanya kesamaan cara pandang di dalam partai-partai ini dalam menghadapi Pilkada Klungkung. Sehingga, Golkar sebagai salah satu partai besar, menurut dia, sejak awal cukup antusias dalam membangun poros baru ini.

Sejalan dengan Margiana, gabungan partai ini sedang mempersiapkan kandidat yang mumpuni untuk diusung sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung. Sejauh ini dari beberapa pertemuan, sudah mengerucut satu nama. Namun, ditanya siapa satu tokoh tersebut, Ningrum belum bersedia untuk membukanya.

Baca juga:  Pengajuan Balon Anggota DPRD Karangasem Mulai Dibuka, Baru Dua Puluh Persen Parpol Aktifkan Silon

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Klungkung Ketut Sukma Sucita, Minggu (12/5), menegaskan adanya kesamaan pandangan dalam komunikasi lintas parpol ini, menjadi awal yang baik dalam melahirkan pasangan calon. Komunikasi politik ini memang belum pada tahap keputusan berkoalisi.

Namun, diakui hampir semua pimpinan partai politik di dalamnya punya cara pandang yang sama, melahirkan pasangan calon yang sesuai dengan aspirasi masyarakat Klungkung. “Dalam komunikasi kami, nanti setiap partai politik akan mengusulkan nama-nama tokoh. Kami akan godok di dalam gabungan partai ini. Kami ingin pasangan calon yang kami usung, nantinya punya kemampuan dan agenda pembangunan yang jelas dalam membangun Klungkung,” kata Sukma Sucita. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *