Duta Kabupaten Badung saat pementasan di Pesta Kesenian Bali 2023. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Badung akan menampilkan Upacara Pitra Yadnya di Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46. Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) setempat telah melakukan persiapan sejak akhir 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gde Eka Sudarwitha, mengungkapkan bahwa persiapan untuk pawai pembukaan hingga pertunjukan kesenian telah berjalan dengan baik. Salah satu sorotan utama dalam pawai PKB nanti adalah Upacara Pitra Yadnya yang akan dikolaborasikan dengan pementasan barong kolosal.

Baca juga:  PKB 2019, Bangli Siapkan Seribu Lebih Seniman

Sudarwitha menjelaskan bahwa Duta Kabupaten Badung akan mengikuti semua materi yang telah disiapkan, dengan persiapan yang matang sejak awal. Upaya administratif juga telah dilakukan agar biaya-biaya yang dibutuhkan dapat disampaikan dengan jelas, termasuk dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten Badung kepada para duta.

“Dalam urutan pawai PKB, Kabupaten Badung ditempatkan pada urutan kedelapan. Mereka akan menampilkan upacara pitra yadnya, atau ngaben, yang akan diolaborasikan dengan pementasan barong kolosal,” ungkap Eka Sudarwitha, Jumat (26/4).

Baca juga:  Rapid Test Warga Sayan Baleran, Belasan Hasilnya Reaktif

Meskipun waktu persiapan terbatas, mereka akan menyusun koreografi dengan seksama untuk memastikan kesuksesan acara tersebut. Sudarwitha juga menjelaskan bahwa telah disiapkan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk pelaksanaan PKB.

Proses pemilihan duta yang mewakili Kabupaten Badung dilakukan dengan memperhatikan berbagai perkumpulan seni yang ada di Gumi Keris. “Pendekatan ini bukan hanya untuk menunjuk yang terbaik dari seniman dan penggiat seni, tetapi juga untuk mendorong pemerataan dalam mewakili keberagaman seni di Kabupaten Badung,” jelasnya.

Baca juga:  Penutupan Jalan Dalung-Sempidi, Ini Pengalihan Arus Lalinnya

Dengan persiapan yang matang dan semangat untuk mempersembahkan kekayaan budaya Bali, PKB ke-46 diharapkan menjadi momen yang tak terlupakan bagi Kabupaten Badung serta bagi seluruh masyarakat Bali yang turut merayakannya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN