Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan persiapan arus balik mudik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (BP/Ant)

TANGERANG, BALIPOST.com – Kesiapan pelayanan angkutan penumpang Lebaran di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, dalam menghadapi arus balik Lebaran 2024 dilakukan pengecekan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Jumat (12/04).

Untuk memastikan kesiapan Bandara Soetta menghadapi arus balik tersebut, Menhub Budi mengecek sejumlah fasilitas layanan di Terminal 1 Bandara Soetta termasuk posko terpadu layanan mudik Lebaran.

Menhub menyebut berdasarkan data terkini, bahwa arus balik akan mulai terjadi lonjakan pada tanggal 14 dan 15 April 2024. Dimana, terdapat kurang lebih sekitar 1.236 penerbangan.

Baca juga:  Kemenhub Antisipasi Arus Balik Dari Mandalika

“Soal puncak di momen mudik itu sekarang sudah mencapai 1.236 penerbangan atau mendekati tahun 2019 dengan nilai 280 penerbangan,” katanya, seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Kendati demikian, untuk mengatasi terjadinya lonjakan penumpang saat arus balik Lebaran. Kementerian Perhubungan memerintahkan agar seluruh jajaran atau stakeholder Angkasa Pura II untuk terus meningkatkan pelayanan.

“Harus sama-sama saling mengisi, kami juga mengingatkan di mudik tahun ini biasanya banyak barang di sektor bagasi,” tuturnya.

Baca juga:  WFH Solusi Antisipasi Dampak Buruk Arus Balik

Budi menyampaikan, untuk momen puncak arus balik lebaran tahun ini diprediksi bakal terjadi pada hari Senin (15/04) dengan jumlah pergerakan mencapai 1,246 juta penumpang.

“Karena jumlah yang akan datang itu terjadi pada hari Senin, itu pasti melebihi 1,246 juta. Jadi semua maskapai harus mempersiapkan diri dengan bekerjasama secara masif,” ungkapnya.

Menurutnya, secara keseluruhan semua prosedur penerbangan di Bandara Soetta telah berjalan aman terkendali dan fasilitas bandara berfungsi optimal.

Baca juga:  PKS Resmi Usung Anies Baswedan Jadi Balon Presiden

Selain itu, pada pelayanan arus mudik telah berjalan baik, sehingga dia mengingatkan semua unsur agar mempersiapkan dan memastikan arus balik dapat pula berjalan lancar.

“Saya anjurkan kepada masyarakat untuk mudik balik itu harus besok jangan Minggu atau Senin, (menghindari kepadatan). Namun, kami akan menjalankan dan mempersiapkan sesuatu dengan baik” imbau dia. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *