Suasana antrean di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana saat arus mudik Lebaran 2024. (BP/Dokumen)

NEGARA, BALIPOST.com – Arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, masih terpantau ramai lancar pada Kamis (11/4) atau hari kedua Lebaran. Berdasarkan data ASDP Cabang Ketapang, 487.014 orang telah meninggalkan Bali melalui pelabuhan Gilimanuk sejak H-10 hingga Hari kedua Lebaran.

Jumlah tersebut terdiri dari 85.082 motor, 44.830 mobil pribadi, dan 4.260 bus. Diperkirakan, orang yang keluar Bali ini merupakan warga yang hendak silaturahmi ke sejumlah daerah di Jawa Timur.

Baca juga:  Kepengurusan MO Pura Agung Besakih akan Dibubarkan

Sementara itu, 232.315 wisatawan domestik masuk Bali dengan 6.512 motor dan 23.961 mobil pribadi. Antrean kendaraan masih terjadi di dalam wilayah Pelabuhan Gilimanuk. Antrean tidak sampai mengular keluar pelabuhan.

Pengawas Satpel Pelabuhan Gilimanuk I Made Ria Fran Dharma Yudha, mengatakan aktivitas pelayaran aman dan lancar. Peningkatan jumlah kendaraan roda dua keluar Bali kemungkinan terjadi karena masyarakat Jembrana mudik H+1.

Saat ini, sebanyak 21 armada kapal beroperasi di lintas Ketapang-Gilimanuk, termasuk dua kapal besar di Dermaga MB IV, KMP Jatra II dan KMP Nawasena. Arus balik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk diprediksi mulai terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Baru Rampung, Proyek Jalan dan Trotoar di Pura Dalem Puri Jebol
BAGIKAN