Komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Bali menggelar acara donor darah yang diikuti ratusan peserta. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ratusan biker dari berbagai komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Bali mengikuti aksi sosial donor darah yang dipusatkan di sejumlah tempat di Denpasar, Bali. Setelah berdonor, sebagian biker ini membagikan masker kepada pengguna jalan di Denpasar.

Koordinator Bold Riders Bali Fransiscus Stevy mengatakan program donor darah yang mengambil tema ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ ini dilakukan mulai 22 Oktober hingga 26 Oktober 2020. Aksi donor ini dilakukan secara serentak di berbagai kota kabupaten di Indonesia Timur.

Selama kegiatan ditargetkan 200 kantong darah bisa terkumpul. “Kegiatan sosial ini juga berangkat dari kondisi pandemi COVID-19, di mana kebutuhan darah sangat tinggi, sedangkan jumlah stok darah di PMI berkurang. Kami berharap kegiatan dari teman-teman Bold riders Bali ini ikut membantu masyarakat dan PMI yang butuh darah,” kata Fransiscus Stevy, Jumat (23/10), dalam rilis yang diterima.

Baca juga:  Naik, Hari Ini Kasus COVID-19 Baru di Bali Capai Ratusan Orang

Pengurus Bold Riders Bali, Wahyu Perdana menerangkan member Bold Riders yang terlibat dalam aksi sosial ini berasal dari komunitas motor Dewata Rockers, Densefic, HCRC, SSFC, FRC, GCI, Brandalz, VIB, RVI, dan Xoda. “Donor darah ini kami pusatkan di dua tempat, yakni di kantor PMI Jalan Imam Bonjol Denpasar dan di Banjar Kaja Denpasar,” kata Wahyu Perdana yang biasa disapa Bagek ini.

Pada tahap pertama jumlah pendonor ada sekitar 120-an pendonor. Sehingga sampai akhir kegiatan target 200 kantong darah diharapkan dapat terpenuhi.

Baca juga:  PSN Kota Denpasar Gelar Seminar Reformasi Ritual Ngaben dan Pebayuhan Sapuh Leger Massal

Yang menarik, setelah selesai berdonor, anak-anak motor ini kemudian membagikan masker kepada pengguna jalan di sejumlah traffic light di seputaran Jalan Imam Bonjol Denpasar. Mereka juga mengkampanyekan pencegahan COVID-19 kepada pengguna jalan.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Baca juga:  Rangkaian HUT ke-20, Bali TV Gelar Donor Darah dan Bagi Sembako

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020. Bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *