Sejumlah pemudik berada d antrean untuk masuk ke kapal di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Para pemudik yang nyeberang lewat Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai membludak. Untuk mengantisipasi antrean panjang, pengelola pelabuhan menambah jumlah kapal dan trip serta mempercepat bongkar muat.

Manager ASDP Padangbai Agusman, Minggu (7/4) malam mengungkapkan pergerakan para pemudik yang menyeberang dari Pelabuhan Padangbai lebih dominan terjadi pada malam hari. “Malam membludak, kalau siang hari landai,” ucapnya.

Baca juga:  Ngadu ke Anggota DPR RI, Ratusan Karyawan Grand Inna Bali Beach Tak Terima Di-PHK

Agusman mengatakan pihaknya memutuskan untuk menambah dua kapal dari Lembar. “Malam hari antrean kendaraan bisa sampai ke luar pelabuhan, sehingga kita putuskan untuk menambah trip dari sebelumnya 15 menjadi 19 serta mempercepat bongkar muat penumpang,” kataya.

Diprediksi berdasarkan penjualan tiket online, pada Senin (8/4) menjadi hari terakhir pemudik membludak di Pelabuhan Padangbai. “Dari H-10 hingga saat ini sudah ada sebanyak 26.866 pemudik yang meninggalkan Bali melalui Pelabuhan Padangbai. Sedangkan untuk pemudik paling banyak terjadi pada H-5 yang mencapai 5.967 pemudik sedangkan H-4 mencapai 6.963 pemudik,” imbuhnya.

Baca juga:  Bupati Gede Dana Tinjau Jembatan dan Jalan Rusak

Salah seorang pemudik, Helmi mengatakan sengaja memilih mudik pada malam hari. Selain menghindari cuaca panas, ia ingin tiba di Pelabuhan Lembar pagi hari. “Kalau siang cukup berat karena cuaca cukup panas. Apalagi saya puasa takutnya batal karena macet ditambah dengan hantaman terik matahari,” jelas pria asal Lombok itu. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN