Vaksinasi dan sterilisasi pada HPR di Tuwed dan Batuagung untuk pencegahan penyebaran kasus rabies. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Kasus rabies kembali tinggi di Jembrana pada bulan Maret ini. Dalam tiga bulan terakhir, tercatat sudah 8 anjing positif rabies, dengan 2 kasus terbaru ditemukan di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara dan Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana. Pada bulan Maret ini, mengalami peningkatan dibanding dua bulan sebelumnya, dimana ditemukan 5 kasus rabies pada anjing.

Data dari Bidang Keswan-Kesmavet Jembrana menunjukkan, dari 17 sampel otak HPR yang dikirim ke BB Veteriner Denpasar sepanjang tahun 2024, 8 diantaranya positif rabies. Rinciannya, 3 kasus di bulan Januari, 0 kasus di Februari, dan 5 kasus di bulan Maret.

Baca juga:  Turis Prancis Tewas di Vila

Kabid Keswan-Kesmavet, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Widarsa mengatakan dari 5 kasus baru di bulan Maret, 2 kasus ditemukan di Kecamatan Mendoyo, 1 kasus di Kecamatan Negara, 1 kasus di Kecamatan Jembrana, dan 1 kasus di Kecamatan Negara. Sebagai tindakan cepat, petugas lapangan telah diterjunkan untuk melaksanakan vaksinasi emergency di sekitar wilayah ditemukan kasus positif. Hingga saat ini, hampir 3 ribu ekor HPR telah divaksinasi di seluruh wilayah Jembrana.

Baca juga:  Harga Salak Kembali Anjlok, Capai Rp 2 Ribu Sekilo

Widarsa mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan ke pihak Banjar atau desa jika menemukan kasus atau tanda-tanda HPR yang menunjukkan gejala rabies. “Kami berharap, jumlah kasus saat ini tidak meningkat lagi kedepannya. Peran serta masyarakat untuk pencegahan sangat penting. Apalagi penurunan dari tahun 2022 ke 2023 cukup signifikan. Yakni dari 205 kasus menjadi 75 kasus,” imbuhnya. Pemerintah bersama salah satu yayasan menggelar sterilisasi dan vaksinasi rabies untuk HPR di wilayah Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana dan di Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana. Upaya ini diharapkan dapat membantu mengendalikan penyebaran rabies di Jembrana. (Surya Dharma/Balipost)

Baca juga:  Denpasar Laporkan 30 Orang Positif COVID-19
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *