BKK Hindu BUMN yang diwakili oleh Ketua Panitia Dharma Santhi BUMN Nasional 2024, I Nyoman Ngurah Widiyatnya serta Koordinator Bidang dan Regional untuk Bidang Acara Dharma Santhi BUMN 2024 di Regional Bali I Wayan Udayana menyerahkan punia yang diterima oleh Bendesa Adat Besakih Jro Mangku Widiartha. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Kesejahteraan dan Kerohanian Hindu (BKK Hindu) BUMN melaksanakan kegiatan Tirta Yatra serangkaian upacara Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Karangasem, pada Jumat (29/3). Usai melaksanakan persembahyangan bersama, BKK Hindu BUMN yang diwakili oleh Ketua Panitia Dharma Santhi BUMN Nasional 2024, I Nyoman Ngurah Widiyatnya serta Koordinator Bidang dan Regional untuk Bidang Acara Dharma Santhi BUMN 2024 di Regional Bali, I Wayan Udayana, memberikan dana punia yang diterima langsung oleh Bendesa Adat Besakih, Jro Mangku Widiartha.

Widiyatnya mengungkapkan kegiatan ini mengambil tema “Penerapan Tata Nilai Akhlak dalam Kontemplasi Diri untuk Mencapai Kesadaran Tertinggi Mendukung Transformasi BUMN Menuju Indonesia Maju.” Dana punia yang diberikan sebesar Rp 25 juta.

Baca juga:  IBTK di Besakih, Diskes Siapkan Ratusan Petugas Kesehatan dan 3 Posko

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Dharma Santhi BUMN 2024 yang merupakan rangkaian dari Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946. “Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menjalin kolaborasi antara BUMN yang ada, serta mendukung tranformasi di masing-masing BUMN, serta mendukung program kerja BUMN. Selain itu juga, ingin mencari kaderisasi pemimpin hindu di BUMN, mengenal anggota BUMN yang ada di seluruh bangsa sehingga kita bisa saling mendukung dan bersinergi kedepannya,” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan seperti ini akan dilaksanakan di lima kota, yakni Bali, Balikpapan, Lampung, Surakarta, Jatim. Kata dia, di masing-masing regional ini akan dilaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, Rsi Yadnya, dan Dharma Shanti dan kegiatan yang lainnya. “Untuk acara puncak akan dilaksanakan di Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang akan dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Tohir,” jelasnya.

Baca juga:  Mencuri, Dua Anak Bawah Umur dan Seorang Mantan Napi Ditangkap

Sementara itu, Udayana mengatakan selain tirta yatra, beberapa kegiatan bakti sosial berlangsung di Bali yakni, penanaman pohon di lingkungan Pura Pasar Agung, penyerahan santunan ke yayasan dan panti asuhan di Tabanan, Jembrana dan Singaraja. Selanjutnya akan ada pula kegiatan penuangan eco enzyme di Danau Batur dan terakhir seminar generasi muda Hindu yang bertemakan “Pemantapan Tata Nilai AKHLAK dalam Kontemplasi Diri untuk mencapai Kesadaran Tertinggi Generasi Muda Hindu Bali.”

Udayana menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang tahun ini beberapa kegiatannya diadakan di Bali. Pada tahun ini PT PLN (Persero) dipercaya mengkoordinir kegiatan Dharma Santhi ini, dan untuk kegiatan di Regional Bali dikoordinir oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali. “Peguyuban Hindu BUMN melaksanakan kegiatan Dharma Santhi di Indonesia yang dalam hal ini dilaksanakan oleh BKK Hindu BUMN. Rangkaian Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk di Bali dengan beberapa kegiatan pendukung,” jelasnya.

Baca juga:  Ketua TP.PKK Kab. Gianyar, Bantu Kader PKK Terdampak COVID-19

Sementara itu, Bendesa Adat Besakih, yang juga selaku Ketua Panitia Karya IBTK di Pura Agung Besakih, Jro Mangku Widiartha, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan punia yang diberikan. “Semoga BUMN semakin sukses, dan jaya kedepannya. Selain itu juga, BUMN bisa menjadi contoh untuk mapunia di pura-pura yang ada di Besakih dan Bali pada umumnya. Dan juga diharapkan mudah- mudahan berkontribusi untuk Bali, serta semakin jaya semua usaha bisnisnya yang ada di Nusantara,” harapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *