Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan. (BP/yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bali, disebut akan segera menentukan tuan rumah untuk gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali 2025. Kabupaten Buleleng disebut menjadi salah satu kandidat tuan tumah ajang dua tahunan itu.

Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan ditemui beberapa waktu lalu mengatakan penentuan tuan rumah untuk Porprov Bali tahun 2025, baru akan ditentukan pada Rapat Kerja (Raker) KONI Bali di 15 Maret 2024 mendatang. Berbeda dengan pelaksanaan Porprov 2022 yang dilaksanakan gotong royong di 9 kabupaten, gelaran orahraga terbesar untuk Provinsi Bali itu akan digelar di dua atau satu kabupaten.

Baca juga:  Susun Program Latihan, KONI Berpatokan Hasil Tes Fisik 2020

Dua kabupaten yang berpotensi menjadi tuan rumah yakni Kabupaten Badung dan Buleleng. Namun Gumi Den Bukit disebut paling berpotensi menjadi tuan rumah, mengingat Buleleng telah lama tidak menjadi tuan rumah. “Kita akan tentukan bulan ini, pada raker Provinsi. Ada kisi-kisi sudah ada satu atau dua kabupaten. Kalau misalnya bisa tunggal, Buleleng saja. Karena Buleleng sudah lama tidak jadi tuan rumah terakhir 2015,” ujarnya.

Oka menyebut meski dilaksanakan di kabupaten, penyelenggara dari gelaran olahraga itu adalah pemerintah provinsi. Penentuan tuan rumah ini pun akan segera dilakukan, sehingga kabupaten bisa menyiapkan kontingennya lebih awal. “Memang tempatnya saja di kabupaten/kota tapi yang bertanggung jawab provinsi. Akan ditentukan segera, sehingga ada dasar dasar kabupaten kota mempersiapkan kontingennya,” kata dia.

Baca juga:  Chris John Bertekad Cetak Juara Tinju Asli Bali

Oka menambahkan, ada sejumlah cabang olahraga (cabor) yang akan masuk dalam cabang olahraga resmi Porprov 2025. Sejumlah cabor itu sebelumnya telah melaksanakan eksebisi pada Porprov XV tahun 2022 lalu. “Ada 5 cabor yang berpotensi. Walaupun sudah melaksanakan eksebisi, kalau tidak memenuhi 50+1 tidak bisa mengikuti. Karena di Porprov itu cabor diikuti minimal 5 kabupaten kota. Tidak mungkin Porprov tidak ada lawan, juara itu pasti ada lawan,” ucapnya.

Baca juga:  Dari Kasus COVID-19 Melonjak hingga Puluhan Kasus COVID-19 Baru di Denpasar Ini Sebarannya

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana mengaku siap jika Buleleng ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Porprov 2025. Namun, pihaknya akan mendiskusikan hal tersebut terlebih dulu dengan Ketua KONI Buleleng Ketut Wiratmaja.

Jika Buleleng ditunjuk menjadi tuan rumah, akan menjadi keuntungan bagi usaha perhotelan. “Harus diskusi dulu dengan Ketua KONI Buleleng. Sebenarnya siap saja. Kalalu di Buleleng dilakukan, pasti hotel penuh. Kuncinya ada di ketua KONI, makanya kita diskusi dulu,” katanya. (Nyoman Yudha/balipost)

BAGIKAN