Kondisi rumah warga yang rusak akibat diguyur hujan deras. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kintamani, Selasa (5/3) mengakibatkan sebuah rumah milik warga di Dusun Bugbug, Desa Batur Selatan rusak. Di lokasi lain, dampak hujan menyebabkan jalan tertutup tanah longsor dan pohon tumbang.

Camat Kintamani Ketut Erry Soena Putra, Rabu (6/3) mengatakan Kintamani mulai diguyur hujan deras pada siang sekitar pukul 12.00 hingga sore hari. Derasnya guyuran hujan menyebabkan pondasi rumah milik seorang warga di Banjar Bugbug amblas dan menggerus dinding dapur.

Baca juga:  Pos Retribusi di Jalur Penelokan-Kedisan akan Diaktifkan Kembali

Dikatakan Erry, peristiwa itu terjadi pada sore hari. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Karena jebol, untuk sementara pemilik rumah menempati bangunan rumah lainnya. “Pemiliknya tidak sampai mengungsi karena masih ada bangunan lain di sebelahnya yang bisa ditempati,” kata Erry.

Selain mengakibatkan pondasi rumah tergerus, hujan juga menyebabkan jalan Banjar Wanagiri menuju Gunung Kunyit tertutup longsor hingga tak bisa dilewati warga. Untuk menangani longsoran tersebut Erry mengaku pihaknya telah melapor ke BPBD dan berkoordinasi dengan Dinas PUPRPerkim Bangli agar menurunkan alat berat. “Dari informasi yang saya dapatkan tadi sudah ada upaya pembersihan longsor dari masyarakat. Sekarang sebagian jalan sudah bisa dilewati,” ujarnya.

Baca juga:  Tersambar Petir, Tembok Rumah Warga Batur Utara Retak dan Atap Jebol

Sementara itu, BPBD Damkar Kabupaten Bangli mencatat hujan yang terjadi Selasa juga mengakibatkan pohon tumbang di pertigaan lampu, wilayah Desa Bantang. Kejadian itu menyebabkan arus lalin sempat terganggu.

Kejadian itu telah ditangani TRC Dinas PU Provinsi bersama Polsek Kintamani.

Di Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut peristiwa tanah longsor terjadi di ruas jalan Malet Gusti-Seribatu. Material longsor menutup hampir seluruh badan jalan.

Baca juga:  Puncak Karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur Berlangsung Pekan Depan

“Tidak ada korban jiwa. Untuk penangananya, karena memerlukan alat berat, masih kami koordinasikan dengan Dinas PU Kabupaten,” kata Kalak BPBD Damkar Kabupaten Bangli I Wayan Wardana. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *