Petugas melakukan pembersihan material pohon yang menimpa dua mobil parkir di wilayah Bukit Jambul, Karangasem pada Sabtu (2/3/2024). (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bencana pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Besakih Bukit Jambul di wilayah Banjar Dinas Kangin, Desa Pesaban, Karangasem, Sabtu (2/3). Akibatnya, dua unit mobil ringsek tertimpa.

Bahkan, akses lalu lintas sempat macet akibat kejadian tersebut. Berdasarkan informasi yang dihimpun, bencana pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WITA.

Pohon jenis trembesi dan mahoni dengan ukuran yang besar tumbang menimpa dua unit mobil yang sedang parkir di bawahnya. Untung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Baca juga:  Ditanya Soal Stok Vaksin COVID-19 di Bali, Ini Kata Kadiskes

Akibat kejadian itu juga, mengakibatkan arus lalu lintas sempat lumpuh total. Dan untuk saat ini proses evakuasi pohon sudah berasil dilakukan, dan akses lalu lintas susah kembali normal.

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, pohon yang tumbang tersebut berjenis trembesi dan mahoni. Kata dia, selain menutupi akses jalan, pohon tumbang juga menimpa dua unit mobil yang parkir. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” ucapnya.

Baca juga:  Analis Politik Sebut Jokowi Beri Dukungan ke 2 Tokoh Ini, Jika Bersatu Dinilai "Duet Maut"

Arimbawa mengatakan evakuasi sudah ditangani oleh BPBD Klungkung dan dibantu oleh Tim dari unsur Balai Jalan Nasional, Polsek Rendang,Kepala Desa Pesaban, kepala Desa Selat, Linmas dan masyarakat yang melintas di lokasi. “Untuk penanganan lanjutan nanti, akan dilakukan oleh BPBD Karangasem bersama petugas Balai Jalan Nasional,” katanya.

Dia menjelaskan untuk mengantisipasi pohon tumbang, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kalaksa BPBD Provinsi Bali untuk melakukan penilaian terhadap pohon-pohon perindang yang dinilai rawan tumbang. “Pemangkasan dan penebangan perlu dilakukan guna pengurangan risiko korban bagi pengguna jalan raya,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Tangis Haru Warnai Sidang Jerinx
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *