Telkomsel dan Huawei menandatangani dua Strategic Partnership Agreement (SPA) terkait Home Broadband and 5G Innovation dan Talent Development, Senin (26/2). (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Mobile World Congress (MWC) 2024 kembali digelar mulai Senin (26/2) hingga 29 Februari di Barcelona, Spanyol. Beragam teknologi terkini terkait layanan digital dan inovasinya dihadirkan.

Untuk menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif di Indonesia, Telkomsel dan Huawei menandatangani dua Strategic Partnership Agreement (SPA) terkait Home Broadband and 5G Innovation dan Talent Development, Senin (26/2). Kedua SPA tersebut dikatakan Direktur Utama Telkomsel Nugroho, sejalan dengan upaya menjadi penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan Indonesia.

Melalui eksplorasi pengembangan infrastruktur digital dan bisnis digital baru serta upaya memperkuat kepemimpinan digital melalui penguatan talenta secara strategis bersama Huawei, ia berharap dapat memperkuat kapabilitas dalam menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan inovatif secara lebih andal. Juga, mempercepat implementasi teknologi terbaru untuk memberdayakan masyarakat Indonesia menuju ekosistem digital nasional yang semakin inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga:  Pemerintah Disebut Tega, Usaha Spa Baru Pulih Dibebani Kenaikan Pajak 40 Persen

Melalui SPA Home Broadband and 5G Innovation, Telkomsel dan Huawei akan memperkuat kerja sama pengembangan infrastruktur digital dan bisnis digital baru, seperti eksplorasi penggunaan teknologi fiber dan 5G secara hibrid yang dapat mempercepat implementasi home broadband bagi pelanggan, serta eksplorasi ragam inovasi layanan yang dapat meningkatkan pengalaman home broadband, seperti dengan pemanfaatan Embedded AI dan Self Wi-Fi Optimization. Di samping itu, kedua pihak juga akan bersama mengeksplorasi teknologi terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi implementasi perangkat dan biaya operasional.

Baca juga:  Siaga Naru, Telkomsel Gunakan Autonomous Network di Puluhan POI

Wang Xu, Direktur Huawei Indonesia Telkomsel Account Department, mengatakan pihaknya mengeksplorasi cara baru dalam mengimplementasikan teknologi tetap dan nirkabel, membantu Telkomsel untuk memperluas kepemimpinan Fixed Mobile Convergence mereka di Indonesia. “Pasar broadband tetap masih sangat besar di Indonesia. Permintaan akan layanan broadband seluler di Indonesia juga besar. Untuk sepenuhnya memanfaatkan peluang ini, Huawei akan berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mengimplementasikan teknologi yang dapat membantu mengurangi TCO dan OPEX guna mempercepat pengimplementasian 5G di Indonesia,” papar Wang dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Sepanjang 2023, Kinerja Industri Asuransi Tumbuh Positif

Adapun dengan SPA Talent Development, keduanya berkomitmen memperkuat kepemimpinan digital melalui penguatan talenta dengan wawasan ekspansi pasar, pengalaman jaringan, transformasi digital, dan inovasi layanan. Keduanya juga akan mengeksplorasi program peningkatan kapabilitas keberlanjutan dalam implementasi proses bisnis perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), serta penggunaan Cloud Learning Platform untuk meningkatkan budaya pembelajaran berkelanjutan. (kmb/balipost)

BAGIKAN