Petugas TRC BPBD membersihkan material tanah longsor dan pohon tumbang di Br. Gelogor, Desa Lodtunduh. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di Br. Gelogor, Ds. Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Curah hujan yang tinggi membuat tanah labil menjadi longsor dan akibat akarnya tergerus membuat pohon pule menjadi tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN. Dibya Presasta, Senin (26/2) mengatakan, material pohon tumbang dan tanah longsor menutupi badan jalan di Br. Gelogor.

Baca juga:  Hujan Dua Hari,¬†Bencana Mulai Terjadi di Gianyar

Dijelaskannya, pohon tumbang ini berjenis pule dengan panjang sekitar 5 m dan diameter sekitar 50 cm. Penyebab pohon tumbang ini murni karena cuaca ekstrem cuaca hujan dan angin kencang.

IB. Suamba memaparkan tidak ada laporan korban jiwa atau kerugian dari kejadian tersebut. Untuk mempercepat penanganan, BPBD menurunkan Petugas TRC dan dua armada.
Lebih lanjut dikatakannya, untuk membersihkan pohon pule yang tumbang BPBD menggunakan peralatan Chainsaw Besar dan Chainsaw Menengah untuk memotong. Sementara untuk membantu membersihkan tanah longsor BPBD menggunakan mesin portable, selang hisap, selang semprot dan nossle semprot.

Baca juga:  Tanah Longsor, Tiang Listrik Patah Tutup Jalan

IB. Suamba menambahkan adanya sumber air mempercepat pembersihan material tanah longsor. “Ketika material pohon tumbang dan material tanah longsor berhasil dibersihkan, akses jalan di Br. Gelogor, Desa Lodtunduh Ubud kembali dibuka,” jelasnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *