GIANYAR, BALIPOST.com – Desa Temesi, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar kini sedang mengembangkan potensi desa. Potensi desa yang sedang dikembangkan yakni air terjun Temesi Waterfall untuk daerah kunjungan wisatawan. Dimana debit air yang deras dan relief sungai Sangsang yang indah kini sedang digarap dan dikembangkan.

Perbekel Desa Temesi , I Ketut Branayoga, S.E menjelaskan cikal bakal objek wisata Temesi Waterfall berawal dari rembuk pemerhati pariwisata melihat potensi Desa Temesi. Para warga Desa Temesi yang banyak terjun ke dunia pariwisata, kemudian membentuk pokdarwis. Anggota pokdarwis melakukan urun rembuk dan diskusi dan ditemukan tebing dan aliran sungai Sangsang yang indah.

Baca juga:  Hendak Lerai Keributan di THM, Pria Dipukul di Kepala hingga Dirawat

Tebing sungai sangat bagus dan indah. Nampak air terjun jatuh dari tebing yang tinggi. Tempat ini juga sebagai tempat mandi baik di aliran sungai maupun di air terjun. Serta didukung daerah aliran sungai yang alamiah. Bahkan ada air terjun yang esotik dan diberinama Temesi Waterfall. Karena untuk menuju lokasi agak sulit dan terjal sehingga dibuatkan akses jalan menuju lokasi.

Kini akses jalan masuk menuju ke Temesi Waterfall sudah dibangun menggunakan dana desa. Tahap pertama menggunakan dana APBdes Rp100 juta dan tahun 2023 dianggarkan Rp150 juta. Kemudian dilanjutkan pembuatan parkir sangat luas untuk kendaraan bermotor.

Baca juga:  Desa Adat Suwat Kembangkan Obyek Wisata Alam

Usai rampung pembuatan tempat parkir dilanjutkan dengan pembukaan pada 8 Pebruari 2024 lalu. Pembukaan shop dilakukan Dinas Pariwisata, Dinas PMD dan Dinas Perindustrian serta Perbekel se-Kabupaten Gianyar. Tempat ini juga didukung pemandangan sawah yang sangat indah. (Agung Yuliantara/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *