Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyampaikan keterangan penutup saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Calon Presiden RI Anies Baswedan, saat menyampaikan pesan penutup dalam debat kelima Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, mengatakan keinginan tentang negara yang tidak pelit dengan rakyatnya.

Ia ingin menghadirkan negara yang penuh cinta kasih kepada semuanya dengan perasaan halus dan merangkul.

Anies mengatakan, “Sifat-sifat angkara murka akan kalah dengan kebaikan.”

“Merah putih di atas semuanya,” kata Anies didampingi Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Menurut dia, penghormatan pada kebinekaan, penghormatan pada persatuan, dan hal-hal diupayakan bersama akan membawa Indonesia menjadi negara yang cerdas, sejahtera, sehat, kesetaraan.

Baca juga:  Indonesia Konsisten Dukung Palestina

Anies mengaku bahwa sejauh ini menyaksikan ada pihak yang menolak gagasannya, serta hidup dan merasakan kekuasaan dari ketimpangan.

Ia lantas berjanji bahwa hal itu akan dilawan.

“Kami tidak melawan dengan kebencian, kami tidak melawan dengan rasa ketidaksukaan,” katanya.

Selama melakukan safari politik, dia mengaku menemui jutaan rakyat yang menginginkan perubahan. Mereka datang bukan mengharap bayaran, melainkan datang membawa harapan dan menginginkan perubahan kondisi hidup yang lebih baik.

“Kesetaraan kesempatan itulah yang akan kami bawa. Setara bagi siapa, laki-laki, perempuan, kaya, miskin, kota, desa, mereka yang berpendidikan umum, madrasah, pesantren, agama apa pun, suku apa pun,” ujarnya.

Baca juga:  Polisi Gerebek Oknum Dewan dan Wartawan Berjudi di Gedung DPRD

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Baca juga:  Tingkatkan Pengelolaan Uang Rupiah, BI Bangun Sentra Pengolahan Uang

Debat terakhir, yang menjadi penghujung rangkaian debat Pilpres 2024 mengangkat tema: pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

BAGIKAN