Suasana TPS yang KPPS-nya semua perempuan. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Badung berisi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang seluruhnya adalah perempuan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung mencatat, terdapat 32 TPS dengan KPPS perempuan.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Badung, Agung Rio Swandisara saat dikonfirmasi, Minggu (28/1) kemarin, membenarkan adanya TPS dengan petugas KPPS yang seluruhnya perempuan. KPPS srikandi ini tersebar di semua kecamatan di Kabupaten Badung.

Baca juga:  Amerta Sebut Media Punya Peran Penting dalam Sosialisasi Program

Rinciannya, di Kecamatan Mengwi sebanyak 4 TPS, Abiansemal 10 TPS, Petang 3 TPS, Kuta Selatan 6 TPS, Kuta 1 TPS, dan Kuta Utara terdapat 8 TPS. “Jumlah KPPS perempuan di masing-masing TPS adalah antara 7 hingga 6 perempuan dengan total 216 KPPS,” katanya.

Dikatakan, KPU melantik sebanyak 10.395 KPPS yang bertugas di 1.485 TPS yang tersebar di Kabupaten Badung pada 14 Februari mendatang. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan di masing-masing kelurahan/desa.

Baca juga:  Sempat Melonjak Tajam, BOR di RSD Mangusada Mulai Stabil

“Pemilu sebelumnya hanya 1 orang yang dilantik. Kali ini semua KPPS kami lantik dan ambil sumpahnya dan setelah itu akan diberikan bimbingan teknis oleh PPS/PPK untuk mendapatkan pemahaman dan dipastikan mampu untuk melaksanakan pemungutan suara nanti saat hari pemungutan suara,” jelasnya.

Dia berharap, semua KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama dalam hal menjaga integritas dan netralitas penyelenggara Pemilu sebagaimana diatur dalam UU Pemilu. “Tentu tujuan utamanya adalah KPPS mampu menjalankan tugasnya dan meningkatkan layanan kepada pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari nanti,” ucapnya. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Dua Siswa SMP di Badung Tak Lulus UN
BAGIKAN