Rusak- Akses jalan kabupaten yang masih mengalami kerusakan. Tahun ini puluhan kilometer jalan akan diperbaiki. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Jalan kabupaten yang masih mengalami kerusakan hingga tahun 2024 ini panjangnya mencapai ratusan kilometer. Dari jumlah kerusakan itu, tahun ini Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam hal ini Dinas PUPR akan melakukan perbaikan jalan puluhan kilometer.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR – Perkim Kabupaten Karangasem, I Wayan Surata Jaya, mengungkapkan, hingga akhir tahun 2023 ini masih ada sekitar 20 persen atau sekitar 240 kilometer dari 1.202 kilometer panjang jalan kabupaten karangasem kondisinya tidak mantap. “Dari jumlah itu, untuk rencana perbaikan jalan tahun 2024 ini sekitar 30-40 kilometer,” ucapnya.

Baca juga:  Jalan ke Pasar Karangsokong Dikeluhkan, Bertahun-tahun Rusak Tak Ada Perbaikan

Suraya Jaya mengatakan, jalan tidak mantap tersebar di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem, salah satunya di Kecamatan Selat yaitu di Desa Duda Utara. Dan untuk memperbaiki jalan dibutuhkan anggaran yang cukup besar.

Estimasi biaya per 1 kilometer jalan yang diperbaiki membutuhkan anggaran sekitar Rp 3 sampai Rp 1, 6 miliar. “Perbaikan jalan akan dilakukan bertahap setiap tahunnya,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN