Sejumlah polisi berjaga di depan pintu masuk tamu VIP debat Capres di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/1/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Mengantisipasi ancaman saat debat Calon Presiden (Capres) Pemilu 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. Polisi melibatkan kendaraan taktis sebagai pengamanan khusus.

Jelang debat di lokasi, personel dari Tim Gegana Brimob mulai berjaga di “Ring 1” dan satu kendaraan taktis di siagakan di depan pintu masuk tamu VIP di Jakarta, Minggu.

Terlihat juga, pasukan gabungan dari TNI dan pihak KPU mulai mensterilisasi lokasi dan puluhan pasukan motor trail dari Polri melaksanakan patroli mengitari kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk memastikan keamanan di luar Istora Senayan.

Hingga pukul 14.00 WIB puluhan polisi berseragam lengkap juga sudah melakukan penjagaan di pintu masuk serta akses masuk kendaraan maupun orang menuju Istora Senayan lokasi penyelenggaraan debat Capres.

Baca juga:  China Kerahkan Polisi Cegah Demo Anti-Lockdown Meluas

Tidak hanya itu di depan pintu masuk Istora Senayan tempat pelaksanaan debat pun telah dipasang pagar pembatas dan dijaga ketat oleh pihak gabungan TNI-POLRI yang memeriksa barang bawaan baik tamu maupun awak media yang meliput jalannya debat Capres.

Debat Capres ini akan diamankan Sebanyak 3.041 personel gabungan dari Polda Metro Jaya dengan rincian personel tersebut terdiri dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel), 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel), serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

Baca juga:  Cek Gudang Logistik Pemilu, Kapolres Klungkung Pastikan 24 Jam Pengamanan

Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagian untuk pengamanan.

“Pintu akses yang ditutup yakni pintu satu, dua, tiga, empat, enam, 9, 11 dan 12. Sedangkan untuk pintu lima dan delapan hanya digunakan untuk akses keluar, sedangkan untuk pintu tujuh dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar,” ucapnya dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (7/1).

Baca juga:  Pascapenangkapan Terduga Teroris, Pengamanan di Gilimanuk Sesuai Protap

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang akan diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *