AMLAPURA, BALIPOST.com – Berbagai kegiatan upacara telah dilakukan sejumlah desa adat di Karangasem untuk meringankan beban warganya. Seperti yang dilakukan Dadia Pasek Gelgel, Desa Nawa Kerti, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Dimana dadia tersebut melaksanakan upacara pitra yadnya atau ngaben massal.

Ketua Panitia Karya, I Nyoman Suasta mengungkapkan, tercatat ada puluhan sawa yang mengikuti upacara ngaben massal di Dadia Pasek Gelgel ini. Kata dia, krama yang memiliki sawa pangarep mereka mengeluarkan biaya upacara sebesar 15 juta rupiah, sedangkan bagi krama yang tidak memiliki sawa mereka mengeluarkan dua kampil beras dan juga dana. Dengan membayar sejumlah itu, proses upacara yang dijalani dari awal sampai selesai.

Baca juga:  Banjar Tohpati Gelar "Karya" di Pura Pererepan Mertasari

Suasta menjelaskan, untuk pelaksanaan upacara ini dilakukan dengan sistem gotong royong yang sudah mulai dilaksanakan sejak enam bulan yang lalu. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada krama secara tulus iklas melakukan ayah-ayahan sehingga pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih karena pelaksanaan upacara dapat berjalan dengan baik.

Suasta menambahkan pelaksanaan upacara pitra yadnya ini sudah dilakukan beberapa kali. Maka dari itu, ke depan pihaknya berharap setiap upacara yang dilaksanakan dapat berjalan lebih baik lagi.

Baca juga:  Bakar Sampah, Pelinggih Pura Paibon Pasek Gelgel Ikut Terbakar

lewat sistem kegotongroyongan yang diterapkan ini, maka diharapkan keyakinan krama lebih tumbuh dan bangkit. Karma harus terus menjaga kebersamaan, sehingga mempunyai rasa memiliki. (Eka Parananda/balipost)

Simak Selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *