Suasana di Bandara Ngurah Rai, Badung. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Posko Terpadu Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai mencatat pergerakan penumpang tertinggi pada Jumat (22/12). Bahkan, pergerakan penumpang H-3 Libur Natal melampaui prediksi, yakni sebanyak 73.377 penumpang.

General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengatakan, prediksi puncak pergerakan penumpang diperkirakan sejumlah 72.754 penumpang. Dari total penumpang yang dilayani pada H-3 libur Natal tersebut, sejumlah 37.350 adalah penumpang domestik dan 36.027 penumpang internasional.

Baca juga:  Dari Denpasar Terancam Tenggelam hingga Pilpres Disimulasikan

“Dari jumlah tersebut porsi penumpang kedatangan masih mendominasi, yakni sebanyak 39.931 orang dan penumpang keberangkatan sejumlah 32.996 orang, baik domestik maupun internasional,” ujar Handy Heryudhitiawan, Sabtu (23/22).

Dikatakan, lonjakan penumpang merupakan siklus tahunan yang dilihat pada setiap pelaksanaan di awal Posko. Pertimbangannya adalah libur anak sekolah sudah dimulai serta bertepatan dengan hari Jumat jelang libur panjang akhir pekan, sehingga kemungkinan akan ada yang mengambil cuti di awal untuk menghindari kepadatan menjelang hari libur Natal.

Baca juga:  Polresta Datangi Kantor Investasi, Puluhan Nasabah Laporkan Kerugian Ratusan Miliar

“Selain pertumbuhan pada pergerakan penumpang, hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat yang dilayani,” jelasnya.

Dijelaskan, pada hari pertama dan kedua Posko Nataru ada sejumlah 398 pesawat, selanjutnya di hari ketiga jumlahnya meningkat mencapai 400 pergerakan dan puncaknya pada H-3 Natal sejumlah 454 pergerakan pesawat atau 11 persen di atas prediksi yakni sejumlah 408 pergerakan pesawat.

“Hingga empat hari Posko Nataru berjalan, tercatat sejumlah 261.929 penumpang yang bepergian dari dan melalui Bandara Ngurah Rai,” sebutnya.(Parwata/balipost)

Baca juga:  Hampir Dua Pekan, Jumlah Korban Jiwa COVID-19 Terus Bertambah di Bali
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *