Personel TNI Lakukan Bersih - Bersih Sungai. (BP/Yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Mengantisipasi Banjar di Wilayah Perkotaan, Ratusan Personel dari Kodim 1609/Buleleng bersama elemen masyarakat melaksanakan kegiatan bersih – bersih di sungai sekitar permukiman warga. Kali ini menyasar sungai di sekitar Pura Segara, Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Buleleng.

Dandim 1609/Buleleng , Letkol Kav Angga Nurdyana, Jumat (8/12) mengungkapkan, kegiatan ini sebagai upaya langkah antisipasi pada awal musim hujan ini. Apalagi saat ini khususnya di wilayah perkotaan merupakan salah satu kawasan yang langganan banjir. “Banjir terjadi akibat tumpukan sampah yang menumpuk, sehingga personel langsung turun hingga ke kolong – kolong untuk memunguti sampah,” terangnya.

Baca juga:  Disdik Bali Buka Posko PPDB SMA/SMK

Menurutnya dengan kerja sama seluruh pihak, tumpukan sampah berhasil dibersihkan dari sungai, parit dan selokan.Terlihat puluhan karung berisi sampah diangkut TNI bersama aparat gabungan lain dan warga yang melakukan aksi bersih-bersih. Sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke sungai oleh oknum tidak bertanggungjawab. “Harapan kita setidaknya kita memberi contoh pada masyarakat jika sumber pencemaran di laut diakibatkan oleh sungai yang kotor dan membawa sampah ke laut, jika kita bersihkan maka setidaknya kita menjaga pantai Buleleng tetap lestari,” tandasnya.

Baca juga:  Kontribusi Masuk Bali Disatukan Dengan Harga Tiket Pesawat

Diakui, memang saat ini kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih minim. “Operasi bersih-bersih ini selain dilakukan untuk mengantisipasi agar selokan, parit, dan sungai tidak dipenuhi sampah yang menyebabkan banjir, juga merupakan wujud dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir dan longsor pada musim penghujan,” tutupnya. (Nyoman Yudha/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *