NEGARA, BALIPOST.com – Pura Taman Beji dan Pura Kawitan di Desa Adat Sumbersari tahun 2023 telah digelar Ngenteg Linggih Mapidudusan Alit. Salah satu parhyangan di Desa Adat Sumbersari ini merupakan pura pertama dari para panglingsir Sumbersari yang datang dari berbagai wilayah di Bali, nyuang alas di wilayah dekat Gilimanuk ini.

Dulunya kawasan ini masih hutan belantara dan berada di perbatasan langsung dengan laut Selat Bali. Bendesa Adat Sumbersari, I Ketut Subanda mengatakan, rencana Ngenteg Linggih Pura Taman Beji lan kawitan di Sumbersari ini sejatinya sudah direncanakan sejak 2019 lalu.

Baca juga:  Kecanduan Judi Online, Pawang Anjing Bobol Petshop

Namun, terbentur Covid-19, baru dapat terlaksana tahun 2023 ini dengan gotong-royong bersama melalui Punia. Tanpa memungut dari krama, melainkan melalui punia hingga terkumpul Rp70 juta dan dalam bentuk barang bila dinilai mencapai Rp75 juta.

“Tujuannya tidak lain memohon kesejahteraan dan keselamatan di desa adat. Ngenteg Linggih ini masuk dalam program kami di desa adat dan astungkara yadnya dapat berjalan dengan lancar,” katanya. (Surya Dharma melaporkan)

Baca juga:  Desa Adat Nagasepaha Perkuat Pakem Tarian Joged Bumbung
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *