TPAKD Kabupaten Badung berkolaborasi dengan BEM Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya menyelenggarakan Seminar Regional dengan mengusung Tema Kegiatan “Save Our Money For Future’s Glory” dengan Sub Tema Strategi Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan, Minggu (5/11). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com- Program Badung Muda Melek Investasi kegiatan Edukasi dan Sosialisasi (Edu-sos) terus digalakkan oleh Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Badung. Untuk itu TPAKD Kabupaten Badung berkolaborasi dengan BEM Fakultas Bisnis dan Pariwisata Universitas Triatma Mulya menyelenggarakan Seminar Regional dengan mengusung Tema Kegiatan “Save Our Money For Future’s Glory” dengan Sub Tema Strategi Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan, Minggu (5/11).

Rai Twistyanti Raharja, ST. MT selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Disdikpora yang merupakan PIC dari Program Badung Muda Melek Investasi, memaparkan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini kita hidup dalam era konsumerisme. Hampir semua jenis barang dan jasa menjadi sangat mudah didapatkan.

Baca juga:  Ada 18 Spot Wifi Gratis di Pasar Badung  

Dengan semakin maraknya tawaran pembelian barang secara mencicil, semua barang yang sebelumnya sulit untuk didapatkan, menjadi lebih mudah untuk didapatkan. Di satu sisi, kondisi ini tentunya memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat.

“Namun di sisi lain, jika kita tidak bijaksana menyikapinya, kita dapat terjebak menjadi orang yang lebih mengutamakan ‘keinginan’ dan melupakan ‘kebutuhan’ dasar yang seharusnya diprioritaskan,” ucapnya.

Masyarakat diajak untuk menjadi makin pintar dan cerdas menggunakan uang dan penghasilannya. Setelah menjadi pintar dan cerdas, akan menjadi bijak. Dan jika sikap tersebut sudah terwujud, maka masa depan akan menjadi lebih dapat dipersiapkan dan sejahtera.

Baca juga:  Belum Muncul Paket Rival Petahana di Badung

Mengelola keuangan demi masa depan bukanlah sesuatu hal yang sangat rumit dan sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan apa yang disebut dengan aktivitas Perencanaan Keuangan (Financial Planning).

Turut berperan aktif memberikan edukasi pada kegiatan ini PT. Bank BPD Bali dengan memberikan edukasi mengenai Strategi Perencanaan Keuangan yang baik dengan mengetahui Lembaga dan Produk Keuangan yang tepat bagi generasi muda. Selain itu juga diisi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) yang memberikan edukasi mengenai Strategi Mengatur Keuangan Untuk Investasi Masa Depan di Pasar Modal.

Sebagai moderator adalah perwakilan dari Forum Anak Daerah Kabupaten Badung (FAD) yang merupakan Duta Badung Muda Melek Investasi dari TPAKD Kabupaten Badung. Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut Rektor Universitas Triatma Mulya, Dr. Drs. I Ketut Putra Suarthana, MM. bersama jajaranya, Perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Badung dan Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung.

Baca juga:  Perampok Sasar Minimarket, Ini Kronologisnya

“Kami harapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan Literasi Keuangan di kalangan mahasiswa sehingga dapat merencanakan keuangan dengan tepat dan dapat berinvestasi untuk menuju masa depan yang lebih baik. Kedepan Pemerintah Kabupaten Badung bersama OJK dan Lembaga Jasa Keuangan melalui TPAKD akan terus melakukan kegiatan serupa untuk mendorong peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan khususnya di Kabupaten Badung,” pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *