Ribuan warga mengikuti aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). Aksi yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut untuk mendorong upaya mengakhiri konflik antara Palestina dan Israel agar tercipta perdamaian. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Dukungan penuh Indonesia terhadap Palestina kembali ditegaskan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. “Atas nama Pemerintah Indonesia, kami ingin menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina,” kata Retno di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (5/11).

Retno menyampaikan hal tersebut dalam acara “Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina” yang diselenggarakan di Monas. Rakyat Indonesia berkumpul dalam acara tersebut disebut Retno adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap kemanusiaan.

Baca juga:  Resmi Diberhentikan, Gus Gaga Nyatakan Siap Bertarung di Pilkada

Sementara itu, bahwa bantuan tahap pertama sudah diberangkatkan ke Palestina. “Kemarin bantuan tahap pertama sudah diberangkatkan dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo,” kata Retno.

Ia menambahkan bahwa bantuan tersebut bukan hanya dari pemerintah tetapi juga bantuan dari seluruh masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan. “Terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Dan bantuan selanjutnya akan dipersiapkan,” ucap Retno.

Presiden Joko Widodo, Sabtu (4/11), melepas bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk rakyat Palestina di Gaza dari Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Baca juga:  Soal Yerusalem, Indonesia Kecam Keras Pengakuan AS

Bantuan tersebut berupa alat penjernih air minum, peralatan medis, bahan makanan yang tidak memerlukan fasilitas penyimpanan yang sulit, dan obat-obatan. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN