Kabupaten Badung jadi tuan rumah Genta Nusantara ke-III yang diawali dengan temu budaya bertempat di Ruang Kertha Gosana, Kamis (2/11). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Genta Nusantara yang merupakan kegiatan para seniman di Indonesia kembali digelar di Ruang Kriya Gosaba, Puspem Badung, Kamis (2/11).

Kegiatan yang diselenggarakan kali ketiga ini diawali dengan temu budaya bertempat di Ruang Kertha Gosana, Kamis (2/11). Kegiatan dengan tema Mencintai Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa ini merupakan kerja sama Dinas Kebudayaan (Disbud) Badung dengan komunitas seni menghadirkan 626 orang seniman dan para budayawan.

Seperti diketahui tim pergelaran Genta Nusantara mempunyai visi Keluhuran Nusantara dan misinya Mencintai Budaya Budaya, Memperkuat Jati Diri Bangsa. Bahkan Genta Nusantara III yang digelar di Badung Bali menggaungkan toleransi dan silahturahmi.

Baca juga:  PPKM akan Diberlakukan Badung, Dibahas Soal Pemberian Jaringan Pengaman Sosial

Ketua Widya Sabha Badung, Wayan Selat Wirata mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha mengatakan bahwa kegiatan Genta Nusantara merupakan kegiatan seni dan budaya yang dilaksanakan seniman di Indonesia. “Kali ini mungkin tidak semua seniman, namun ada 11 provinsi yang hadir di Kabupaten Badung,” ujarnya saat ditemui ditengah-tengah acara.

Pihaknya mengakui ada beberapa kegiatan yang akan digelar seperti seniman panggung, pedalangan, tari dan yang lainnya.  Diakui pada Temu Budaya Nusantara yang dilaksanakan merupakan kegiatan menyatukan visi dan misi untuk bersama-sama mencintai nusantara.

Baca juga:  Hari ini, Seribuan Seniman Ramaikan Pawai Budaya Gianyar

“Hari ini kita melaksanakan temu budaya, dengan menghadirkan budayawan dan seniman, untuk mempersatukan visi misi kita. Walaupun seni dan budaya berbeda-beda dari berbagai daerah namun kita tetap mencintai semua seni yang ada,” bebernya sembari mengatakan kita orang Bali harus mencintai seni jawa dan yang lain. Sehingga dari sana kita bisa menyatukan nusantara.

Lebih lanjut pada temu nusantara itu akan menghadirkan narasumber yang bergerak dibidang seni dan budaya. Bahkan pesertanya masing-masing daerah dari 11 provinsi akan mengajak pesertanya. Bahkan saat ini dicatat ada 11 Provinsi, 1 dari luar negeri, 626 orang seniman, 36 komunitas atau sanggar yang akan mengisi acara Genta Nusantara III.

Baca juga:  Ini, Asal dan Riwayat Pasien Positif COVID-19 Meninggal di Badung

Untuk diketahui, Genta Nusantara I dan II telah sukses diadakan di Royal House Rumah Budaya Jogjakarta pada tahun 2021 dan 2022. Kegiatan ini telah membuka wawasan di kalangan masyarakat dan seniman bahwa untuk mewujudkan toleransi dan silahturahmi media seni dan budaya adalah tepat, karena, tontonan bisa menjadi tuntunan, asalkan digarap dengan nilai-nilai edukasi.

Boasanya kegiatan yang digelar seperti pementasan seni budaya, karnaval budaya daerah dan wayang, dialog budaya, pameran UMKM khusus khas dari Jogjakarta. (Adv/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *