Apel- Pelaksanan apel peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 di Kabupaten Karangasem, berlangsung di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Sabtu (28/10). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 di Kabupaten Karangasem, berlangsung di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Sabtu (28/10).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Karangasem, AKBP. Ricko AA Taruna, apel peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut juga dihadiri segenap OPD di lingkungan Pemkab Karangasem, Forkopimda dan oerganisiasi kepemudaan di Kabupaten Karangasem.

Asisten I Sekda Karangasem, I Wayan Purna mengungkapkan, betapa pesatnya perkembangan teknologi dunia saat ini. Jika tidak dicermati dan dicerna dengan kemampuan pengetahuan di bidang teknologi utamanya teknologi informatika, maka akan sangat sulit bagi generasi muda dalam bersaing di dunia kerja.

Baca juga:  Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemuda  Jembrana Bagi-bagi Buku

“Yang terpenting harus disadari oleh generasi muda kita adalah dampak perkembangan teknologi terhadap kehidupan sosial, budaya dan adat. Intinya bagaimana memahami sejarah Sumpah Pemuda 1928 sehingga jiwa persatuan dan kesatuan bisa tetap melekat dan terjaga dengan baik,” ucap Wayan Purna.

Purna mengatakan, setelah revolusi industri 3.0 yang ditandai dengan perkembangan jaringan internet, penggunaan elektronik dan otomasi dalam produksi. Saat ini teknologi global terus berkembang dan memasuki revolusi 4.0 yang ditandai dengan pengembangan konvergensi inovasi digital, biologi, dan fisik.

Saat ini penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent, terus dikembangkan dalam aspek, sosial, ekonomi, budaya, pertanian, geopolitik hingga pertahanan dan keamanan. Artinya dengan berbagai sistem pakar, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan Object Orienten Programming, kecerdasan buatan atau Artificial Intelijen tersebut bisa membuat sebuah mesin mempunyai kemampuan mirip dengan kemampuan berpikir manusia.

Baca juga:  Pasien Positif COVID-19 Sembuh di Bali Kembali Bertambah, Tingkat Kesembuhan Lampaui 71 Persen

“Inilah yang menjadi tantangan dunia kerja kedepan, karena sebagian besar pekerjaan dan tenaga manusia digantikan oleh mesin. Itulah pentingnya mengembangkan dan peningkatkan SDM di bidang ini, karena kecerdasan kolektif pada sumber daya manusia itu sendiri tetap menjadi senjata utama dalam mengontrol mesin dengan kecerdasan buatan tersebut,” sebutnya.

Dia menjelaskan, pihaknya menaruh perhatian serius terhadap hal ini. Artinya pendidikan dan peningkatan serta pengembangan SDM menjadi salah satu program kerja utama pada visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Karangasem. Terakhir dirinya berpesan kepada generasi muda Karangasem untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal ditengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Baca juga:  Dua Kali Beda Data Tambahan Kasus Positif COVID-19, Ini Kata Kadiskes

“Kita mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di Kabupaten Karangasem dibidang teknologi informatika. Ini penting agar kemampuan dan pengetahuan dibidang teknologi yang dimiliki, nantinya generasi muda bisa mengikuti persaingan global yang kian komplek,” harapnya. (Adv/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *