Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., melaksanakan perayaan rahina Tumpek Uye dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Pasucian Kahyangan Jagat Toyasah, Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Sabtu (21/10). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., melaksanakan perayaan rahina Tumpek Uye secara niskala dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Pasucian Kahyangan Jagat Toyasah, Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Sabtu (21/10). Perayaan Tumpek Uye ini dirangkaikan dengan pelepasan burung dan penebaran benih ikan di sumber mata air yang ada di kawasan suci Pura Pasucian Kahyangan Jagat Toyasah.

Perayaan Tumpek Uye ini diselenggarakan secara serentak di kabupaten/kota se-Bali sebagai wujud implementasi nyata dari Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai, dan Laut sebagai upaya untuk memuliakan air sebagai sumber kehidupan guna terwujudnya keharmonisan alam Bali beserta isinya.

Baca juga:  Hilangnya Kemesraan Keluarga Jokowi Dengan PDIP

Di Kota Denpasar di perayaan Tumpek Uye digelar di Pura Candi Narmada yang dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, serta dihadiri oleh Walikota dan Wakil Wali Kota Denpasar, Anggota DPRD Bali dan Anggota DPRD Kota Denpasar dari Fraksi PDI Perjuangan, Pengurus DPC PDIP Kota Denpasar, hingga masyarakat.

Di Kabupaten Bangli perayaan dilangsungkan di Pura Puseh Bangli yang dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, Anggota DPRD Bali dan Anggota DPRD Kabupaten Bangli dari Fraksi PDI Perjuangan, hingga masyarakat.

Di Kabupaten Gianyar dilaksanakan di Pura Segara Masceti yang dihadiri oleh Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gianyar, Anggota DPRD Bali dan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar dari Fraksi PDI Perjuangan, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se-Kabupaten Gianyar, bersama masyarakat.

Baca juga:  Jokowi Absen di Pengumuman Bakal Cawapres PDIP, Ini Kata Puan

Di Kabupaten Klungkung dilaksanakan di Pura Ulun Suwi Subak Gede Sweca yang dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Klungkung, Anak Agung Gde Anom serta dihadiri Bupati Klungkung, Anggota DPRD Bali dan Anggota DPRD Klungkung dari Fraksi PDI Perjuangan, Pengurus DPC PDIP Klungkung, dan masyarakat.

Di Kabupaten Tabanan dirayakan di Pura Puser Tasik yang dihadiri oleh Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan serta Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se- Kabupaten Tabanan bersama masyarakat.

Di Kabupaten Buleleng dirayakan di Pura Segara Penimbangan yang dipimpin oleh Ketua DPC PDIP Buleleng, Putu Agus Suradnyana, serta dihadiri Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng, Anggota DPRD Bali dan Anggota DPRD Kabupaten Buleleng dari Fraksi PDI Perjuangan, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara PAC se-Kabupaten Buleleng bersama masyarakat.

Baca juga:  Polantas Padamkan Kobaran Api di Rumah Makan

Di Kabupaten Jembrana dirayakan di Pura Rambut Siwi yang dihadiri oleh Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jembrana, serta Anggota DPRD Jembrana dari Fraksi PDI Perjuangan, Pengurus PAC, Ranting, Anak Ranting, Badan dan Sayap Partai PDI Perjuangan bersama masyarakat.

Sedangkan di Kabupaten Badung dirayakan di Padmasana Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung  yang dihadiri oleh Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung, serta Anggota DPRD Badung dari Fraksi PDI Perjuangan bersama Pengurus PAC dan Caleg DPRD Kabupaten Badung.

Secara sakala, seluruh Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali dan Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se-Bali bersama lapisan masyarakat secara serentak bergotong royong membersihkan sungai dan penanaman pohon yang berlangsung pada, Minggu (22/10). (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *