Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Sora Lokita di sela sosialisasi terkait AIS Forum di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (8/10/2023) (BP/Ant)

NUSA DUA, BALIPOST.com – Juru Bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal mengungkapkan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan memimpin pertemuan tingkat menteri Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan (KTT AIS Forum) di Nusa Dua, Bali, pada Selasa (10/10).

“Menlu RI akan mengetuai seluruh rangkaian pertemuan tingkat menteri AIS Forum,” ujarnya dikutip dari kantor berita Antara, Senin (9/10).

Pertemuan tingkat menteri AIS Forum akan diawali oleh sesi pembukaan dan kata pengantar, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen kemitraan kolaboratif di antara negara-negara peserta yang hadir.

Agenda pertemuan akan berlanjut dengan penyampaian laporan pejabat tingkat tinggi peserta AIS Forum, laporan kegiatan AIS Forum dan usulan rencana kerja, pernyataan umum, serta adopsi rancangan Deklarasi para Pemimpin AIS Forum.

Baca juga:  Jelang KTT AIS, Ratusan Siswa Diajak Bersih Pantai

Dalam pertemuan itu, para menteri juga turut membahas persiapan akhir KTT pertama AIS Forum, yang akan dilaksanakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada Rabu (11/10).

Pertemuan puncak itu rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. KTT AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi empat masalah global, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Baca juga:  Banyak WNA Bandel Tak Taat Prokes, Ditegur hingga Disanksi Moral Tak Juga Jera

Di bawah tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama”, pelaksanaan KTT tersebut diharapkan bisa memperkuat peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai wadah gotong royong dalam mendorong agenda masa depan yakni tata kelola laut global.

KTT AIS Forum 2023 akan diikuti oleh 29 dari total 51 negara peserta, serta pejabat dari empat organisasi internasional.

Negara yang telah mengonfirmasi keikutsertaan dalam KTT AIS Forum tahun ini yaitu Mikronesia, Niue, Sao Tome and Principe, Timor Leste, Tuvalu, Fiji, Tonga, Maladewa, Kepulauan Marshall, Palau, Papua Nugini, Seychelles, Singapura, Kepulauan Solomon, Sri Lanka.

Baca juga:  Lecehkan Pancoran Pura Beji Monkey Forest Ubud, Dua Turis Minta Maaf

Selanjutnya Cabo Verde, Selandia Baru, Madagaskar, Bahrain, Kepulauan Cook, Siprus, Irlandia, Jepang, Malta, Filipina, Saint Lucia, Samoa, Suriname, dan Inggris juga akan turut berpartisipasi dalam KTT tersebut.

Sementara itu, empat organisasi internasional yang juga ikut menghadiri KTT AIS Forum adalah Kelompok Kerja Sama Negara Melanesia (MSG), Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), serta Badan PBB untuk Program Pembangunan (UNDP). (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *