Arsip- Petugas berjaga di posko pengamanan terpadu menjelang perhelatan WSBK 2021 di Bukit Menangis, Jalan Bypass BIL-Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/11/2021). (BP/Ant)

MATARAM, BALIPOST.com – Sebanyak 66 posko pengamanan dan penyekatan disiapkan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara mulai dari titik kedatangan penonton yang ada di Pulau Lombok sampai di sekitar areal Sirkuit Mandalika yang menjadi lokasi gelaran MotoGP 2023.

“Mulai dari pelabuhan, bandara, lokasi penjemputan penonton, sampai rute kendaraan menuju sirkuit sudah kami siapkan posko, itu terdiri dari posko penyekatan dan pengamanan,” kata Kepala Biro Operasi Polda NTB Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi di Mataram, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (9/10).

Baca juga:  Amankan Pertemuan IMF-WB, Pengawasan PPI Sangsit Diperketat

Dalam catatannya, 66 posko terdiri dari 38 posko penyekatan dan 28 posko pengamanan. Pada posko ini telah disiapkan seluruh kebutuhan pengamanan maupun keselamatan masyarakat, termasuk penanganan medis, kecelakaan lalu lintas maupun pemberian informasi yang berkaitan dengan gelaran MotoGP.

Ada juga personel dengan tugas mobilisasi. Mereka dikerahkan di dalam areal tribun penonton. Kapolda NTB, kata dia, telah memerintahkan personel tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan penonton. “Jadi, kami sudah petakan sejumlah potensi gangguan dan cara antisipasi,” ucapnya.

Baca juga:  Jelang KTT G20, Kapolda Ajak Jaga Kondusivitas

Selain menempatkan posko dan menyebar personel di tribun penonton, ada juga penempatan personel kepolisian dengan keahlian khusus, yakni penembak jitu. “Tim khusus (penembak jitu) tetap kami siapkan seperti gelaran tahun lalu. Jadi semua titik keramaian, di situ ada anggota (Polri) yang melakukan pengamanan,” ujar dia. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *